PENERAPAN MEDIA LACTORA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANATOMI MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI IKIP BUDI UTOMO MALANG

Penggunaan Media Lactora, Aktivitas bertanya, Hasil belajar mahasiswa

  • Achmad Afandi IKIP BUDI UTOMO MALANG
  • Ira Andriani IKIP BUDI UTOMO MALANG
Keywords: Lactora Media, Learning Outcomes, Anatomy Courses

Abstract

This research is a study that aims to improve student learning outcomes in anatomy courses at IkIIP in favor of Utomo Malang. class action research (PTK) which involves repeated reflection consisting of four stages (4 D), namely: planning, action, observation and reflection. Each cycle was conducted two meetings. The results of the study showed that there was an increase in learning outcomes with the use of media Lactora in the subject of motion systems in humans in senior high school VI-A 2017/2018 school year. This can be seen from the average value of the test class I cycle (74.48) with learning completeness (83.87%), indicating an increase compared to before the action with the class average value (60.8) and the learning completeness (38, 71%). Then in the second cycle, the average score of the class increased (83.29) with learning completeness (100%) compared to the results of the first cycle test (74.48%). In the results of this second cycle test all students have completed their study by achieving the specified SKM. The learning process has been proven to improve student learning outcomes.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktek. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aswar.2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kota Makassar.SPORTIVE.e-ISSN: 2597-7016 dan p-ISSN: 2595-4055. 1(2)

Atahiyah Ummi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester II Kelas X Sma Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan. ISSN: 2339-0749, 6(01), 41-46.
.
Devi Chintia dkk. 2018. Penggunaan media pembelajaran mivi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topic system gerak manusia. Jurnal BIOEDUKATIKA.6(1)
Dimyatih Dkk. 2013.Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elisa dkk.2017.Pelatihan Ptk (Penelitian Tindakan Kelas) Bagi Guru Sma Negeri 2 Plus Sipirok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Martabe. e-ISSN: 2598-122. 1(1)22-23

Hernawan, 2010. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mas’ud, Muhammad.2012. Membuat Media Pembelajaran Dengan Lectora Inspire. Yogyakarta: PT.Skripta Media Creative.

Muncarno.2015. Penerapan Model Active Learning Permainan Card Sort Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 05 Metro Selatan.Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. ISSN 2442-5419. 4(1). 61-71.

Prasetyo Sigit, 2015. Pengembangan Media Lectora Inspire dalam Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam. 4.(2)

Noviana, R.D.2016. Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Dengan Matematika Realistik Pada Mata Kuliah Matematika Sma. Jurnal karya pendidikan matematika universitas muhamadiyah semarang.SSN: 233-24443.(27)

Shalikhah Dewi Norma dkk. 2017.Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. WARTA LPM.p ISSN: 1410-9344, e ISSN: 2549-5631. 2(1)

Sudjana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.

Surnianti. 2016. Anatomi Dan Fisiologi Tubuh Manusia. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Syaifuddin. 2016. Anatomi Fisiologi Kurikulum Berbasis Kompetensi Untuk Keperawatan Dan Kebidanan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Tambunan RS Irwan.2017.Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Untuk Mata Pelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik Kelas X Di Smk Swasta Imelda Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan. ISSN : 1979-6684. 9(1)

Wijaya Hadi Anggi.2014.Pengaruh Aplikasi Lectora Inspire Berbasis Ict Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Diklat Sod Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan Smkn 1 Tanjuang Baru.Voteknika.Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika Vol. 2, No. 2, Juli-Desember 2014 ISSN: 2302-3295
Published
2018-11-14
How to Cite
Afandi, A., & Andriani, I. (2018). PENERAPAN MEDIA LACTORA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANATOMI MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI IKIP BUDI UTOMO MALANG. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 2(1), 42-50. https://doi.org/10.33503/jpjok.v2i1.180
Abstract viewed = 1903 times
PDF downloaded = 1297 times