PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BOLAVOLI

  • Ahmad Yadi Dwi IKIP BUDI UTOMO MALANG
  • Rubbi Kurniawan IKIP BUDI UTOMO MALANG
Keywords: Modifikasi, permainan bola voli, Hasil belajar

Abstract

Salah satu cara untuk menyampaikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif adalah dengan cara memodifikasi sebuah pembelajaran agar lebih menarik serta membuat siswa menjadi antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Dengan demikian memodifikasi suatu pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan modifikasi permainan bola voli terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran bolavoli pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Krejengan Probolinggo.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penerapan modifikasi permainan bola voli dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dalam aspek kognitif sebesar 22,93% dan dalam aspek psikomotor sebesar 20,92%. Peningkatan hasil belajar siswa dari hasil siklus I aspek kognitif diperoleh sebesar 16,70% dan aspek psikomotor diperoleh sebesar 17,50%. Sedangkan hasil siklus II aspek kognitif diperoleh sebesar 76,70% dan aspek psikomotor diperoleh sebesar 70,00%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan melalui penerapan modifikasi permainan bola voli terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran bolavoli pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Krejengan Probolinggo.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahagia, Yoyo dan Mujianto, Sufyar. 2009. Fasilitas dan Perlengkapan Penjas. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Jurusan Pendidikan Olahraga: Universitas Pendidikan Indonesia.
Karim, Zainul. 2010. Upaya Peningkatan Kemampuan Jumping Service BolaVoli Melalui Latihan Pull-Up Pada Siswa PutraKelas VIII SMP Negeri 1 Besuk ProbolinggoTahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi yang tidak diterbitkan. Malang: IKIP Budi Utomo Malang.
Kurniawan, D. 2014.Pengaruh Modifikasi Permainan Bolavoli terhadap Kerjasama Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Studi pada siswa kelas X Boga 1 SMKN 3 Probolinggo). Skripsi yang tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA.
Purwanto, Yuli. 2011. Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani ModifikasiPermainan Bola Tangan Melalui PendekatanLingkungan Luar Sekolah Pada Siswa Kelas VSD Negeri 02 Banaran Kecamatan GrabagKabupaten Magelang. Skripsi yang tidak diterbitkan. Semarang: UNNES.
Priakusuma, A., Hasyim, A., dan Husin, S. 2012. Penerapan Modifikasi Alat Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Peningkatan Hasil Belajar Atletik Nomor Lempar Cakram Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Pringsewu. (Online), (https://media.neliti.com /media/publications/192225, diakses 30 oktober 2017).
Syamsudin, Haetami, M., dan Hidasari, F. P. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menggiring Bola Melalui Media Pembelajaran Bola Plastik di Sekolah Dasar. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/217093, diakses 30 oktober 2017).
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suraji. 2013.Peningkatan Hasil Belajar Permainan Bola Voli Melalui Metode Kelompok Bermain pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Pantianom Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Skripsi yang tidak diterbitkan. Semarang: UNNES.
Saputra, Iwan. 2015. Modifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan, Vol. 14 (2) pp. 35-41.
Published
2017-11-20
How to Cite
Dwi, A., & Kurniawan, R. (2017). PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BOLAVOLI. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 1(1), 1 - 12. https://doi.org/10.33503/jpjok.v1i1.246
Abstract viewed = 5639 times
PDF downloaded = 2936 times