MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN PERESEAN DALAM MENINGKATKAN MINAT OLAHRAGA TRADISIONAL PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PRAYA TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk alat peresean dari yang ekstrim atau berbahaya menuju tidak berbahaya sehingga diminati dari kalangan usia 16 tahun keatas yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Praya Timur. Metode penelitian kuantitatip, Prosedur model pengembangan produk diantaranya analisis kebutuhan, merencanakan bentuk produk, uji coba produk, perbaikan produk, uji lapangan, revisi hasil akhir produk. Populasi penelitian siswa kelas X sedangkan sampel penelitian ditentukan melalui pengukuran sampel dengan sistematic random sampling, sebanyak 40 siswa, jenis data penelitian deskriftip kuantitatif. Instrumen penelitian dengan lembar observasi, lembar kuesioner dan lembar wawancara. Pengumpulan data dan analisis data dengan teknik deskriptif bersifat persentase. Hasil penelitian ialah responden yang diujikan pada kelompok kecil diperoleh sebagian besar menjawab “Ya” dengan nilai 75%. Kemudian hasil uji lapangan terjadi peningkatan yaitu responden menjawab “Ya” dengan nilai 85%.
References
Aminullah, Afrian, H., & Suryansah. (2018). Modifikasi Peraturan Permainan Tradisional Peresean Tingkat Sekolah Dasar Di SD Islam Nw Tanah Abror. Journal Porkes Hamzanwadi, 1(2), 46–49. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan (5th ed.). Jakarta.
Firdaus, K. (2012). Psikologi Olahraga Teori dan Aplikasi. The British Journal of Psychiatry (Vol. 111). Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang Press Jl. Prof. Dr. Hamka, Kampus UNP Air Tawar Padang, 25131 ©Hak. https://doi.org/10.1192/bjp.111.479.1009-a
Firmansyah, G., & Rahayu, E. D. (2019). Model Pembelajaran Gerak Dasar Melompat melalui Modifikasi Permainan Tradisional Engklek pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(14), 111–117. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i2.17822
Hendra, Afrian, H., & Suryansah. (2019). Modifikasi Permainan Tradisional Peresean Tingkat Sekolah Dasar Di SD Islam NW Tanah Abror. Journal PORKES Hamzanwadi, 2(1), 21–24. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Husnan, M. A. (2009). 100 + Permainan Tradisional Indonesia Untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban (Andi).
Malik, A. A., Priyono, B., & Qoriah, A. (2013). Media Permainan Edukatif Untuk Olahraga Dengan Menggunakan Sistem Sirkuit Training Bagi Siswa Kelas X SMA Negeri Ajibarang Tahun 2013. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(10), 630–636. https://doi.org/10.15294/active.v2i10.2018
Priakusuma, A., Hasyim, A., & Husin, S. (2013). Penerapan Modifikasi Alat Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Peningkatan Hasil Belajar Atletik Nomor Lempar Cakram Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Pringsewu. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 1(1), 1–10.
Rahayu, E. D., & Firmansyah, G. (2019). Pengembangan Permainan Tradisional Lompat Tali Untuk Meningkatkan Kinestetic Intelegency Pada Anak Usia 11-12 Tahun. Jendela, 4(2), 8–12. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.3611
Rajab, B. A. S., & Kuswantoro, R. B. H. (2018). Perancangan Game Fighting Peresean Sebagai Media Pengenalan Budaya Suku Sasak, XIII(November), 76–83.
Riyanto, Y. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.
Rosianah, D., R, H. P., & Setiawan, I. (2012). Model Pengembangan Permainan Gobag Sodor Bola Pada Pemb- Elajaran Bola Tangan Dalam Penjasorkes Siswa Kelas V Pada Sekolah Dasar. 4(7), 1957–1962.
Saryono. (2008). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 44–54.
Setyosari, & Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (4th ed.). Jakarta: PT Karisma Putra Utama.
Sriyatin, Sucipto, A., & Sulikan. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa SDN Sambigede 03 Sumberpucung Malang. Jurnal Pendidikan, Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Jp.jok), 1(2), 80–91.
Suharnoko, F., & Firmansyah, G. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Melompat Melalui Permainan Lompat Cermin Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 145–158.
Taufan, J., Ardisal, Damri, & Arise. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Dengan Hambatan Fisikdan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 1–6.
Copyright (c) 2019 Jp.jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.