PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL

  • Muhamad Syamsul Taufik Universitas Suryakancana
  • Muhamad Guntur Gaos Universitas Suryakancana
Keywords: Hasil Belajar, Dribbling, Media Audio Visual, Siklus

Abstract

Tujuan penelitian Action research ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dribbling  pada mata pelajaran sepakbola melalui media audio visual untuk pendidikan jasmani. Selain itu, penelitian dilakukan untuk memperoleh informasi tentang, penerapan Media Audio Visual untuk siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Penelitian Action Research ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI Ciawi Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan enam belas kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus delapan kali pertemuan. Pada hasil test pembelajaran sebelumnya (pre test) memperoleh 36,6% dari kriteria yang diharapkan. Sedangkan tingkat keefektifitasan Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas pembelajaran gerak dribbling adalah 74,7 dengan persentase ketuntasan 66,7% dengan siswa yang lulus 20 0rang dan rata-rata kelas pada hasil belajar siswa pada siklus II adalah 80,7 dengan persentase kelulusan 83,3% dengan siswa yang lulus 25 artinya mengalami peningkatan sebesar 46,7%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) dengan penerapan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran dribbling  meningkatkan hasil belajar siswa (2), para siswa lebih serius, dan lebih semangat proses pembelajaran.

References

Andrian, B. B., & Yuwono, C. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola dengan Permainan “Balangka.” Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(10), 2106–2111.

Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Burstiando, R., & Nurkholis, M. (2017). Permainan Invasi dan Permainan Netting untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Fundamental Siswa SD Negeri Se Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Sportif : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 3(2), 167–177.

Febryanto, F. N. (2015). Pembelajaran Lay Up Shoot Menggunakan Media Audio Visual Basic Lay Up Shoot Untuk Meningkatkan Hasilbelajar Lay Up Shoot Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Kanisius Pati Tahun 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(1), 1509–1521.

Firmansyah, G., & Hariyanto, D. (2019). QR Code Based Teaching Materials for Organizational Classes and Game Systems. Journal of Physical Education, Health and Sport, 6(1), 6–10.

Firmansyah, G., Hariyanto, D., & Kurniawan, R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Qr Code Terhadap Motivasi Belajar Dan Keterampilan Dasar Bermain Tenis Meja. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (pp. 29–31).

Istiawan, N., & Kusdianto, H. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Myologi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pjkr Pada Mata Kuliah Anatomi. Jp.jok (Jurnal Pendidikan. Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan), 2(1), 13–19.

Ljubojevi, M., Muratovi, A., & Bubanja, M. (2016). Effects of Various Physical Education Curriculum on Motor Skills in Students of Final Grades in Primary School. Sport Mont, 14, 25–28.

Ngolo, H., & Abdul, M. N. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Passing Permainan Sepak Bola Di SMP Negeri 7 Wasilei Halmahera Timur. Jp.jok (Jurnal Pendidikan. Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan), 2(1), 30–41.

Nururi, A. N., & Sulaiman, S. (2015). Permainan Sepak Bola (Dora) Dalam Pembelajaran Penjasorkes Kelas VI SD Negeri Palebon 02 Kec. Pedurungan Kota Semarang Tahun 2013. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(7), 1957–1962.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Group.

Serra-Olivares, J., Garcia-Lopez, L. M., & Guncalves, B. (2019). Effects of the players’ level and age group category on positional tactical behaviour during 7- and 8-a-side football youth games. Journal International Journal of Performance Analysis in Sport, 19(2), 236–247.

Setiawan, A., & Akhiruyanto, A. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Melalui Permainan Pemburu Binatang. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(10), 2100–2105.

Sodikin, & Ahmad. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.

Widiastuti. (2014). Belajar Keterampilan Gerak. Jakarta: FIK Universitas Negeri Jakarta.

Yuniarto, A., Supriyadi, & Sudjana, I. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Teknik Dasar Dan Peraturan Permainan Futsal. Jp.jok (Jurnal Pendidikan. Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan), 2(1), 51–62.

Zainal, A. (2015). Model-model, Media dan strategi Pembelajaran Konstektual. Jakarta: Yrama Widya.

Published
2019-11-01
How to Cite
Taufik, M., & Gaos, M. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 43-54. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.540
Abstract viewed = 4195 times
PDF downloaded = 2944 times