ANALISIS TINGKAT KENIKMATAN BERAKTIFITAS FISIK PESERTA DIDIK PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • Hendra Mashuri Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: kenikmatan aktifitas fisik, pendidikan jasmani, sekolah menengah kejuruan

Abstract

Pendidikan jasmani mempunyai peran yang strategis dalam upaya pembentukan manusia yang sehat jasmani, rohani, dan sosial. Melalui aktifitas fisik dalam pendidikan jasmani yang menyenangkan, peserta didik diharapkan mampu membentuk gaya hidup yang sehat. Aktifitas fisik yang baik adalah aktifitas fisik yang bisa memberikan kenikmatan bagi peserta didik. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kenikmatan aktifitas fisik peserta didik pendidikan jasmani sekolah menengah kejuruan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatid dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik sekolah menengah kejuruan menikmati aktifitas fisik yang dilakukan selama kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani. Peserta didik merasa aktifitas fisik dalam pendidikan jasmani sangat nyaman dan tidak membuat frustasi serta peserta didik merasa dampak aktifitas fisik membuat dirinya lebih segar.

References

Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan.

Brustad, R. J. (2016). Affective Outcomes in Competitive Youth Sport: The Influence of Intrapersonal and Socialization Factors. Journal of Sport and Exercise Psychology. https://doi.org/10.1123/jsep.10.3.307

Carroll, B., & Loumidis, J. (2001). Children’s Perceived Competence and Enjoyment in Physical Education and Physical Activity Outside School. European Physical Education Review. https://doi.org/10.1177/1356336X010071005

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, K. P. dan K. (2019). Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Firdausi, A. R., & Barnawi. (2012). Profil Guru SMK Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Gill, D. L., Gross, J. B., & Huddleston, S. (1983). Participation Motivation in Youth Sports. International Journal of Sports Psychology.

Gunawan, E. E. (2019). Motivasi Bermain Bola Basket Siswa Sma Negeri 12 Makassar. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 2(2), 14–23. https://doi.org/10.33503/jpjok.v2i2.447

Hanief, Y. N., Subekti, T. B. A., & Mashuri, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12414

Kendzierski, D., & DeCarlo, K. J. (2016). Physical Activity Enjoyment Scale: Two Validation Studies. Journal of Sport and Exercise Psychology. https://doi.org/10.1123/jsep.13.1.50

Mashuri, H. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Di Sma Muhammadiyah Kediri. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3, 1–10. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/index

Novitasari, D. A., & Suroto, S. (2016). Tingkat Konsumsi Energi, Aktivitas Fisik Dan Kesegaran Jasmani Pada Posisi (Tosser Dan Smasher) Atlet Bola Voli. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal).

Presiden Republik Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah Presiden Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah. 1990, 56–79.

Qomarullah, R., Furqon, M. H., & Kristiyanto, A. (2015). Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani. Journal of Physical Education Health and Sport.

Showab, A., & Djawa, B. (2019). Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Voli Terhadap Kegembiraan Belajar Siswa. Bernard Djawa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan2, 07(03), 307–312.

Timo, J., Sami, Y. P., Anthony, W., & Jarmo, L. (2016). Perceived physical competence towards physical activity, and motivation and enjoyment in physical education as longitudinal predictors of adolescents’ self-reported physical activity. Journal of Science and Medicine in Sport. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2015.11.003

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Pendidikan Jasmani Indonesia.

Wibowo, P. A. (2018). Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Permainan Futsal Melalui Metode Tgt Pada Siswa Kelas X Di Sma Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 1(2), 14–23. https://doi.org/10.33503/jpjok.v1i2.164

Winarno, M. E. (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. In Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Zuhdy, N. (2015). Hubungan pola aktivitas fisik dan pola makan dengan status gizi pada pelajar putri sma kelas 1 di denpasar utara. Tesis. https://doi.org/10.1002/nau.20769

Published
2019-11-01
How to Cite
Mashuri, H. (2019). ANALISIS TINGKAT KENIKMATAN BERAKTIFITAS FISIK PESERTA DIDIK PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 55-70. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.602
Abstract viewed = 492 times
PDF downloaded = 315 times