DAMPAK COVID 19 TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SEJARAH DAN SOSIOLOGI ANGKATAN 2017 IKIP BUDI UTOMO MALANG

  • Serafino Sina Milianus Raja Sina IKIP Budi Utomo
  • Amanah Agustin IKIP Budi Utomo
  • Yulita Pujiharti IKIP Budi Utomo
Keywords: Covid 19, Sosial, Ekonomi, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskriptif obyektif tentang dampak covid 19 terhadap kondisi sosial ekonomi bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah dan Sosiologi Angkatan 2017 IKIP Budi Utomo Malang. Secara metodologis penelitian ini menggunakan metode penelitian yang peneliti kualitatif deskriptif. Penelitian kualititatif bertujuan untuk menguji teori, membangun fakta, menunjukkan hubungan antar variabel, memberikan deskripsi statistik, menaksir dan meramalkan hasilnya.

Berdasarkan data yang diperoleh yakni melalui hasil wawancara maka jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif. Deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dari fenomena yang terjadi. Metode kualitatif merupakan metode yang cenderung dihubungkan dengan sifat subjektif dari sebuah realita sosial.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  dengan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data  dalam penelitian ini meliputi, pengumpulan data, reduksi data, display data dan Verifikasi serta kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan; Adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah mempengaruhi pola kehidupan sosal dan ekonomi mahasiswa secara signifikan, mulai dari pendapatan yang diterima, pola pengeluaran untuk kehidupan sehari-hari, lapangan pekerjaan dan kebiasaan kuliah yang didominasi oleh kuliah secara online.

Selain itu adanya pandemi Covid-19 membuat mahasiswa menghemat biaya transportasi karena aktifitas di rumah saja; Berfikir lebih kreatif untuk mendapatkan pendapatan baru; Meningkatkan kepedulian berbagi dengan sesama; Daya beli turun, Omset bisnis dan pendapatan menurun; Tidak bisa bayar kos tepat waktu.

Published
2022-12-31
Abstract viewed = 293 times
PDF downloaded = 189 times