PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS METODE SORT CARD DI SMP SWASTA KALEMBU KUTURA KELAS VIII

  • Murtiana Oba IKIP Budi Utomo
  • Ferdinan Bashofi IKIP Budi Utomo
  • Septa Rahadian IKIP Budi Utomo
Keywords: Model Student Teams-Achievement Division, Short card, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan yang dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi Objek penelitian di siswa kelas VIII SMP Swasta Kalembu Kutura dengan jumlah siswa 26 metode tes formatif observasi dan melalui angket.

Metode pembelajaran yang dikemas dengan menarik, bervariasi, dan menyenangkan Tidak membelian rasa bosan pada siswa saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga pada hasilnya akan dapat meningkatkan hasil belajar yang baik. Salah satunya adalah model pelajam Student Teams-Achievement Division (Stand) Berbasis Metode Sort Card  di SMP  Swasta Kalembu Kutura sangat efektif digunakan karna dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Hasil penelitian imi adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 orang dan siswa yang belum tantas sebanyak 11 orang dengan rata-rata kelas 70,76 dan presentase ketam klasical 57,69% sedangkan pada siklus II jumlah siswa  sebanyak 26 dan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 4 orang dengan rata-rata  kelas 81,15 dan presentase kenntasan kesalnya 82,46% sehingga terjadi peningkatan pada hasil siklus 1 kesiklus II.

Published
2021-09-30
Abstract viewed = 485 times
PDF downloaded = 372 times