PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INOVATIF OLEH GURU SEJARAH DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2023

  • Diah Ayu Mawarti Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
Keywords: Metode Pembelajaran Inovatif, Guru Sejarah, Kabupaten Kudus

Abstract

Penerapan metode pembelajaran inovatif oleh para guru sejarah di Kabupaten Kudus berdampak pada pengalaman belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah. Metode pembelajaran tradisional dalam mata pelajaran sejarah sering kali hanya berfokus pada penjelasan teori dan pemahaman konsep. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi dan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif, metode pembelajaran inovatif dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan bagi siswa. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dokumentasi. Hasil wawancara kemudian dikaitkan dengan hasil observasi, kuisioner, dan dokumentasi ketika proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru sejarah di Kabupaten Kudus telah menerapkan berbagai metode pembelajaran inovatif dan memberikan hasil positif. Mereka memanfaatkan teknologi dalam pengajaran, permainan peran, proyek kolaboratif, dan kunjungan lapangan. Melalui penggunaan teknologi, guru dapat memanfaatkan sumber daya digital seperti video, presentasi multimedia, dan sumber informasi online untuk membantu siswa memahami konten sejarah dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Selain itu, metode pembelajaran inovatif seperti jig saw, Think Pair and Share, Mind Mapping, diskusi kelompok dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan permainan peran, siswa dapat menjalankan simulasi sejarah yang membuat mereka untuk lebih memahami konteks dan situasi yang terjadi pada masa lampau. Proyek kolaboratif juga mendorong siswa untuk bekerja dalam tim dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta kreativitas dalam mempresentasikan hasil penelitian mereka.

Published
2023-08-08
Abstract viewed = 597 times
PDF downloaded = 369 times