BERIMAN SECARA KREATIF

: Sebuah Studi atas Penghayatan Iman Menurut Dua Pelukis Katolik Beraliran Abstrak di Malang

  • Fransiskus Mayrezky Diaz STFT Widya Sasana
Keywords: Iman, Abstrak, interaksionisme simbolik, Kreatif.

Abstract

Jurnal ini berjudul: Beriman Secara Kreatif: Sebuah Studi atas Penghayatan Iman Menurut Dua Pelukis Katolik Beraliran Abstrak di Malang. Fokus utama riset ini adalah pemaknaan iman menurut dua pelukis Kristiani aliran abstrak di kota Malang. Sehubungan dengan fokus itu, perlu dilihat apakah iman memiliki pengaruh dalam aktivitas berkesenian  mereka. Mengikuti teori Interaksionisme simbolik Mead (Mead,1972), penulis menduga bahwa melukis abstrak adalah tindakan yang para seniman lakukan untuk menghadirkan iman dalam simbol, yaitu lukisan. Penulis menemukan bahwa tindakan mereka sebagai cara untuk mengubah arti dan simbol yang mereka gunakan dalam tindakan berdasarkan penafsiran mereka terhadap situasi batin mereka. Iman mempengaruhi mereka dalam melukis abstrak, karena lewat lukisan abstrak mereka mengungkapkan imannya.

Gaya abstrak dianggap lebih memuaskan kreativitas mereka dalam mengekspresikan iman mereka. Pesan iman itu muncul dari kegelisahan mereka akan makna terdalam imannya. Dengan menggumuli permasalahan tersebut dan dengan menghadirkannya dalam lukisan abstrak, mereka telah beriman secara kreatif.

Artikel ini dibingkai oleh kegelisahan penulis akan beberapa pertanyaan: mengapa mereka mengungkapkan iman mereka dalam lukisan abstrak yang sulit dimengerti oleh orang awam? Apa makna iman bagi mereka? Apa yang melatarbelakangi mereka melukis dengan gaya abstrak? Bagaimana penafsiran mereka terhadap karya-karya mereka yang abstrak itu.

Artikel ini hendak membahas tentang pengungkapan iman lewat lukisan abstrak. Tema ini menarik perhatian penulis, karena pelukis responden mengungkapkan imannya secara visual dan dalam gaya abstrak. Sementara tidak banyak orang yang bisa melihat bahwa lukisan yang tidak berwujud itu adalah lukisan yang mengungkapkan iman sang pelukis. Bahkan lukisan abstrak itu memiliki nilai yang lebih kaya dan multi-interpretasi daripada lukisan-lukisan dari aliran lain yang memiliki wujud yang jelas.

Published
2020-03-03
Abstract viewed = 76 times
PDF downloaded = 10 times