UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 2 KOTA KOMBA

  • Floriana Liaristi Pandong IKIP Budi Utomo Malang
  • Arif Wahyu Hidayat IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: Motivasi Belajar, Discovery, Sejarah

Abstract

Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran sejarah selama ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa, sebab sebagian besar siswa menganggap sejarah sebagai mata pelajaran yang membosankan. Guru harus terus berusaha mengubah pola pikir siswa agar semakin menyukai dan termotivasi mempelajari mata pelajaran sejarah, salah satu caranya ialah dengan menerapkan metode pembelajaran discovery.

Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Komba pada semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018, berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian ini adalah angket yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Komba yang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran sejarah melalui metode discovery pada siklus 1 hanya 60%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan penerapan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan motivasi belajar kelas X SMA Negeri 2 Kota Komba pada pembelajaran sejarah.

Published
2020-05-19
Abstract viewed = 63 times
PDF downloaded = 53 times