Alienasi dalam Fenomena pembelajaran daring di SMAK St. Albertus Malang (Tinjauan Filsafat Relasionalitas)

  • Albertus Bernando Agung Hamonangan Situmorang Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana
Keywords: Alienasi; relationship; communication.

Abstract

Di masa pandemi ini, pembatasan sosial menjadi salah satu langkah untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19. Alhasil, semua kegiatan pembelajaran harus menggunakan media online. Proses pembelajaran online telah mengakibatkan keterasingan antar siswa khususnya di SMAK Dempo Malang. Hampir setiap hari para siswa saling bertemu secara virtual tetapi merasa asing satu sama lain. Melalui penelitian ini, penulis mencoba menganalisis hubungan-hubungan yang terjadi dalam proses pembelajaran online di SMAK St. Albertus Dempo Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena bentuk keterasingan dan pola hubungan dalam pembelajaran online. Hasil yang diperoleh bahwa bentuk-bentuk keterasingan di SMAK Dempo adalah Kebermaknaan, isolasi sosial, dan keterasingan diri. Pola hubungan yang terjadi adalah ketidakmampuan siswa bersosialisasi dengan baik, perasaan kesepian, penolakan, dan keterpisahan dari nilai-nilai kelompok. Keadaan ini menyebabkan siswa menarik diri dari kehidupan sosial. Pembelajaran online menyebabkan siswa terjebak dalam keterasingan dan memutus pola hubungan di antara mereka. Fenomena keterasingan ini menyebabkan siswa tidak lagi memahami, mengenali, memahami teman dan masyarakatnya. Situasi pandemi ini telah mengubah cara hidup dan pola hubungan di antara mereka

Published
2021-10-31
Abstract viewed = 821 times
pdf downloaded = 676 times