PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI KERAGAMAN HAYATI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMP KELAS VIII

  • Dewi Yustina Marselina IKIP Budi Utomo
  • Nurmala Hindun IKIP Budi Utomo
Keywords: E-modul, keragaman hayati, Problem Based Learing

Abstract

Masalah yang diangkat oleh peneliti ini mencakup pada pembuatan bahan ajar yang mengarahkan pada peserta didik dalam memahami pembelajaran melalui E-Modul. Hal ini disebabkan karena kurangnya memahami tingkat kesadaran siswa dalam proses belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini yakni: (1) Bagaimana kelayakan isi atau materi dalam E-Modul Materi Keanekaragaman Hayati berbasis Problem Based Learing ? (2) Bagaimana kelayakan penyajian dalam E-Modul Keanekaragaman Hayati dalam belajar mandiri siswa? (3) Bagaimana tingkat kelayakan E-Modul materi keanekaragaman hayati berbasis Problem Based Learing?

Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Modul  ini yang berjudul “E-Modul Keanekaragaman Hayati” menyederhanakan langkah pengembangan model Borg dan Gall dengan menggunakan enam tahapan. Keenam tahap itu antara lain, analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, validasi, revisi produk, dan uji coba produk.

Berdasarkan hasil analisis validasi modul pembelajaran oleh dosen ahli dan mahasiswa, hasil penelitian menunjukan bahwa (1) aspek kualitas materi memperoleh skor rata-rata 4,63 dengan kategori “Sangat Baik”, (2) aspek kualitas media memperoleh skor rata-rata 4,33 dengan kategori “Baik”, (3) aspek kelayakan kontekstual memperoleh skor rata-rata 4,00 dengan kategori “Baik” dan dinyatakan sangat layak untuk digunakan.

Published
2023-06-30
Abstract viewed = 312 times
pdf downloaded = 399 times