THE EFFECTIVENESS OF SCANNING AND SKIMMING IN IMPROVING READING COMPREHENTION SKILL OF MAHARANI NURSING STUDENTS

  • Chindy Hanggara Rosa Indah IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: Teknik Scanning dan Skimming, meningkatkan kemampuan siswa

Abstract

Membaca merupakan salah satu cara mengajar Bahasa Inggris di Jurusan keperawatan Maharani Malang. Mata kuliah ini diberikan pada semester pertama jurusan Keperawatan Maharani Malang untuk dapat meningkatkan dan mendorong siswa untuk menggunakan buku teks kedokteran bahasa Inggris dalam memperoleh lebih banyak informasi tentang teori medis, karena semua buku panduan ditulis dalam bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab langsung masalah utama penelitian, “Apakah siswa yang diajar dengan teknik scanning dan skimming memiliki kemampuan membaca yang lebih baik daripada mereka yang diajar dengan yang konvensional. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester pertama Jurusan Perawat Maharani Malang yang mengambil mata kuliah Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib pada tahun ajaran 2014/2015. Karena hanya ada 70 siswa, penelitian ini tidak menggunakan prosedur pengambilan sampel. Ke 70 siswa tersebut digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol juga. Siswa dipisahkan secara acak dan menghasilkan 35 siswa sebagai kelompok kontrol dan 35 siswa sebagai kelompok eksperimen. Sebelum percobaan dilakukan, pretest diberikan kepada kedua kelompok. Setelah hasil tes, perawatan dimulai. Kelompok eksperimen diajarkan dengan menggunakan scanning dan skimming dan kelompok kontrol diajarkan dengan menggunakan teknik konvensional. Penelitian ini dilakukan dalam 16 pertemuan, Penelitian dimulai dari 1 Juni hingga 10 September 2017. Pada akhir penelitian, test terakhir diberikan untuk melihat efek dari dua teknik terhadap kemampuan membaca siswa. pemahaman apakah secara literal atau inferensial. T-test digunakan untuk mengukur dan untuk melihat efek dari teknik scanning dan skimming dan teknik konvensional untuk kemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa kemampuan yang berbeda secara signifikan dalam pemahaman membaca umum diperoleh. Nilai T-test yang diperoleh untuk pemahaman membaca umum adalah 4,01 sedangkan nilai kritis t pada p <.05 tingkat signifikansi dari one tailed adalah 1,671 (df = 60). Dari perhitungan T-test, dapat disimpulkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen memiliki kemampuan yang lebih baik daripada mereka dalam kelompok kontrol dan teknik skimming lebih efektif daripada teknik konvensional. Dengan demikian, ditemukan teknik scanning dan skimming lebih efektif dalam membimbing siswa untuk mencapai hasil yang lebih baik daripada teknik konvensional, itu sebabnya penting bagi guru bahasa Inggris menggunakan teknik scanning dan skimming dalam membimbing. siswa mereka untuk belajar pemahaman bacaan dalam bahasa Inggris.

Published
2018-01-10
Abstract viewed = 2575 times
pdf downloaded = 1419 times