Pengembangan Buku Ajar Kewirausahaan Pada Perkuliahan Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK)

  • Rochsun Rochsun Universitas Insan Budi Utomo
  • Firda Alfiana Patricia IKIP Budi Utomo
  • Asri Putri Anugraini Universitas Insan Budi Utomo
  • Donna Avianty Universitas Insan Budi Utomo
  • Natalia Peni Universitas Insan Budi Utomo
Keywords: buku ajar, kewirausahaan, pembelajaran daring kolaboratif

Abstract

Mengembangkan buku ajar adalah hal yang penting dari sistem pendidikan yang bertujuan untuk mendukung dan memfasilitasi proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku ajar Kewirausahaan yang digunakan pada perkuliahan Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK). Buku ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji cobakan  dalam  pembelajaran. Prosedur  penelitian  pengembangan  menggunakan  model  4D.  Langkah-langkah  model  4D  terdapat  4  tahap  yaitu,  tahap Define (Pendefinisian),  tahap Design (Perancangan),  tahap  Development  (Pengembangan),  dan  tahap Dessiminate (Penyebaran).  Penggunaan bahan ajar kewirausahaan untuk mahasiswa sudah sesuai, karena dari segi format, isi materi, dan bahasa memiliki penilaian dalam kategori layak digunakan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 5 times