Hubungan Pengalaman Kerja Terhadap Profesionalitas Guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Palangka Raya

  • Syariah Syariah Universitas Palangka Raya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara pengalaman kerja guru dan motivasi kerja terhadap profesionalitas guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) pada Gugus XVI Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eks-post facto yang bersifat korelasional. Responden penelitian melibatkan 45 guru yang terdiri dari PNS, PPPK, dan honorer di tujuh SDN, yaitu SDN 1 Tangkiling, SDN 2 Tangkiling, SDN 3 Tangkiling, SDN 4 Tangkiling, SDN 1 Sei Gohong, SDN 2 Sei Gohong, dan SDN Kanarakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara pengalaman kerja guru dan profesionalitas guru di SDN pada Gugus XVI Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Pengalaman kerja mempengaruhi profesionalitas guru sebesar 34,5%. Penelitian ini juga menemukan adanya hubungan positif antara motivasi guru dan profesionalitas guru di SDN pada Gugus XVI Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Pengaruh motivasi terhadap profesionalitas guru mencapai 37,5%. Lebih lanjut, penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat hubungan positif antara pengalaman kerja dan motivasi guru terhadap profesionalitas guru di SDN pada Gugus XVI Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Analisis menunjukkan bahwa pengalaman kerja dan motivasi guru memiliki pengaruh sebesar 49,8% terhadap profesionalitas guru. Temuan penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengelola pendidikan dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan profesionalitas guru dengan memperhatikan aspek pengalaman kerja dan motivasi guru di lingkungan SDN pada Gugus XVI Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya

Published
2024-06-03
Abstract viewed = 76 times
pdf downloaded = 39 times