KOMPARASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KH HASYIM ASY'ARI DAN KH AHMAD DAHLAN

  • Siti Wirdiyana Milatina Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin
  • Ikha Solekha UIN SMH BANTEN
  • vina indriyani
  • Dina Indriana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin
  • Wahyu Hidayat Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin
Keywords: views, education, islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan pemikiran pendidikan islam dari sudut pandang K.H Hasyim Asy’ari juga K.H Ahmad Dahlan. Sebagaimana pada ajaran islam, pendidikan ialah sebuah upaya guna penyiapan generasi muda supaya berperan penting dalam berbagai bidang kehidupan dengan menambah atau menyampaikan ilmu pengetahuan tentang ajaran islam yang sejalan dengan aktivitas manusia seperti semestinya dari dunia maupun akhirat sehingga pendidikan diartikan sebagai jalan menuju pengembangan moral. Moralitas mempunyai peran penting dalam pengembangan kepribadian manusia secara normatif. Terdapat dua tokoh besar islam yang memiliki tujuan dan pandangan mengenai pendidikan islam yaitu KH Hasyim Asy’ari juga KH Ahmad Dahlan. Kajian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang juga diartikan sebagai metode yang dipadukan antara kajian teoritis dengan beberapa data referensi yang tidak terlepas dari pengguna literatur-literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut dari kedua tokoh besar islam, pendidikan islam ialah mengangkat derajat umat islam dan mendidiknya dengan cara menambah ilmu pengetahuan sehingga melahirkan ulama besar yang berintelektual. Hasil analisis terhadap tokoh-tokoh reformasi islam ini, penulis menunjukkan perbandingan dengan persamaan keduanya, yang menonjolkan kekurangan dan kelebihan dari hasil perdebatan yang diteliti. Perbedaan juga persamaan kedua angka tersebut misalnya pada tujuan pendidikan islam serta landasan pendidikan islam tersebut.  

 

Published
2024-05-31
Abstract viewed = 100 times
pdf downloaded = 37 times