Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Melalui Kolaborasi Pembelajaran Problem Based Learning dan Komik Strip di SMP Negeri 1 Panarukan

  • Nurul Lydiantika SMP 1 Panarukan
  • Kingkin Puput Kinanti Universitas Insan Budi Utomo
  • Wuri Ria Ananta SMA 1 Dringu
Keywords: PBL, menulis, cerita fantasi, komik strip, kurikulum merdeka

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi melalui kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan media komik strip. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK.  Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang dilakukan selama bulan Desember 2023. Setiap siklus dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/evaluasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panarukan menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menulis cerita fantasi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa.

Published
2024-06-04
Abstract viewed = 96 times
pdf downloaded = 56 times