Penerapan Penerapan Media Pembelajaran Padlet Pada Pembelajaran Matematika

  • Safiil Maarif Univeristas PGRI Jombang
  • Rinjani Rosa Aprilia UNIVERSITAS PGRI JOMBANG
  • Esty Saraswati Nur Hartiningrum UNIVERSITAS PGRI JOMBANG
Keywords: Padlet, Aktivitas Peserta Didik, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran padlet dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa materi induksi matematika tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus pertama terdiri dari 2 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA 2 SMAN Bandarkedungmulyo yang berjumlah 33, terdiri atas 11 peserta didik laki-laki dan 22 peserta didik perempuan tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian pada Siklus I dan II terlihat peningkatan aktivitas peserta didik dari 62% dengan kriteria cukup baik pada siklus I menjadi 86% dengan kriteria sangat baik pada siklus II dan rata-rata tes hasil belajar peserta didik sebesar 48,75 dengan persentase klasikal 21% pada siklus I menjadi 80,71 dengan persentase klasikal 78% pada siklus II. Pada Siklus II aktifitas peserta didik telah mencapai kriteria keberhasilan serta hasil peserta didik telah mencapai  secara klasikal maka dengan menerapkan media pembelajaran Padlet dapat meningkatkan aktivitas peserta didik serta hasil belajar peserta didik.

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 11 times
pdf downloaded = 17 times