Peranan Teori Perilaku B. F. Skinner Terhadap Kedisiplinan Siswa SMP

  • Nur Farida Universitas Jember
  • Singgih Bektiarso Universitas Jember
  • Trapsilo Prihandono Universitas Jember
Keywords: disiplin, operant conditioning, penguatan, siswa SMP

Abstract

Pendidikan tidak hanya sekedar berbicara tentang akademik saja. Pendidikan juga perlu memperhatikan penanaman karakter pada siswa untuk menciptakan siswa yang berkualitas. Disiplin diri merupakan salah satu nilai karakter yang sangat penting untuk ditanamkan kepada siswa. Kedisiplinan merupakan ketaatan dan kepatuhan pada peraturan yang dilakukan dengan rasa senang hati, bukan karena dipaksa atau terpaksa. Pembentukan kedisiplinan siswa diperoleh melalui sebuah pengkondisian, seperti adanya tata tertib sekolah yang diperlukan untuk membantu membiasakan siswa dalam mengikat dan mengendalikan perilaku sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan teori Operant Conditioning dari B. F. Skinner terhadap kedisiplinan siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (Library Research). Data-data diperoleh melalui kajian berbagai artikel ilmiah dan buku. Berdasarkan hasil kajian pustaka didapatkan kesimpulan bahwa pemberian reinforcement atau penguatan sangat berperan dalam perubahan perilaku siswa. Perilaku disiplin terbentuk ketika guru memberikan penguatan-penguatan kepada siswa atas perilaku disiplin yang ditunjukkanya. Pemberian penguatan dapat dilakukan di lingkungan sekolah maupun di dalam pembelajaran pada perilaku-perilaku yang ditunjukkan siswa sebagai upaya penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai kebajikan universal dalam diri siswa.

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 9 times
pdf downloaded = 14 times