Pengembangan Video Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Kristen Baithani Tosari

  • Veronika Indrawati Universitas Insan Budi Utomo
  • Diyah Ayu Widyaningrum Universitas Insan Budi Utomo

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah banyak melakukan transformasi di berbagai bidang tak terkecuali pendidikan. Pendidikan saat ini telah mengalami banyak perubahan yang sangat pesat untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu hal yang dilakukan peneliti dalam menghadapi pendidikan saat ini yakni dengan mengembangkan video. Pengembangan video ini dilaksanakan di SMP Kristen Baithani Tosari pada kelas VIII. Pengembangan video dipilih karena melihat situasi yang yang terjadi disekolah dimana sekolah masih menggunakan metode ceramah siswa terkadang malas memperhatikan dan membaca buku. Dalam pengembangan video ini peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D, Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Dissemineta (Penyebaran) untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Dan pada tahap penyebaran dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian pengembangan video digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa yang ditekankan pade aspek kognitifnya. Dan dari hasi penelitian yang dilakukan dalam  dua siklus terjadinya perubahan yang baik setelah pengembang video ini. Dimana data yang didapatkan dari hasil tes pra tindakan yakni, 8,7% pada siklus I naik menjadi 34,8% dan pada siklus II meningkat menjadi 87%. Dengan demikian pengembangan video pada materi sistem pencernaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Kristen Baithani Tosari.

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 7 times
pdf downloaded = 7 times