Dampak Penggunaan Handphone dalam Pembelajaran terhadap Karakter Siswa SMPN 2 Paragan

  • Rizal Sitohang rogram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Sisingamangaraja XII
  • Irma Arda Shafar Siregar Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Uli Roito Sinaga Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Junita Mika Simanullang Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Endang Maduma Purba Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
Keywords: dampak, handphone, karakter, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji suatu fenomena tentang penggunaan handphone dikalangan siswa dan menganalisis dampaknya terhadap karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomonologi dengan fokus fenomena penggunaan handphone dikalangan siswa di SMPN 2 Paragan. Pengumpulan data dan informasi pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wanwancara kepada siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan handphone memberikan dampak positif pada karakter siswa, yaitu pembentukan karakter mandiri dan kemudahan dalam mengakses materi yang menjadikan siswa lebih mudah dalam mempelajari suatu materi pelajaran. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan handphone memberikan dampak negatif terhadap karakter siswa, yaitu dengan semakin berkurangnya interaksi sosial yang terjadi di kelas dan di sekolah. Lebih lanjut, penggunaan handphone juga berdampak negatif pada konsentrasi belajar, yaitu turunnya konsentrasi belajar siswa yang menyebabkan siswa menjadi malas dalam pembelajaran

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 5 times
pdf downloaded = 10 times