Pengembangan Modul Berbasis Multiple Intelligence Pada Materi Sistem Pencernaan untuk siswa SMP kelas VIII

  • Khoirun Nisa IKIP BUDI UTOMO
  • Nikmatul Iza Universitas Insan Budi Utomo
Keywords: Pengembangan Modul, Multiple Intelligence, Sistem Pencernaan Pada Manusia

Abstract

Pembelajaran merupakan hubungan interaksi timbal balik antara peserta belajar dengan guru. Di tingkat sekolah dasar, pembelajaran seharusnya dapat dikolaborasikan dengan kegiatan yang menyenangkan, misalnya melalui bermain.. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D). Metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji kelayakan produk tersebut. Kegiatan penelitian diintegrasikan selama proses pengembangan produk. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian R & D yaitu melalui 1). Penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draft produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji lapangan produk utama, 7) revisi produk, 8) uji coba lapangan skala luas/uji kelayakan, 9) revisi produk final, 10) desiminasi dan implementasi.  Dari hasil produk yang di hasilkan berupa modul pembelajaran Biologi berbasis Multiple intelligence sebagai bahan ajar Biologi dengan sub materi sistem pencernaan pada manusia untuk siswa SMP kelas VIII. Modul yang dirancang merupakan modul elektronik berbasis Multiple Intelligence dimana setiap manusia punya 9 kecerdasan yaitu: liguistik, logika, musikal, spasial,  kinestetik, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan eksistensi. yang diuraikan berdasarkan materi yang sudah dipilih, materi yang dipilih adalah materi Sistem Pencernaan Pada Manusia. Berupa pengertian dari sistem pencernaan, proses sistem pencernaan, organ-organ dari sistem pencernaan, kelenjar pencernaan, enzim pencernaan, dan kelainan atau penyakit pada sistem pencernaan manusia.  

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 10 times
pdf downloaded = 10 times