ANALISIS KONTEN TIKTOK @JAKARTAFAIRID PADA PROMOSI EVENT JAKARTA FAIR KEMAYORAN 2023

  • Ira Agnesia Adevelyne Universitas Kristen Indonesia
  • Helen Diana Vida Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Analisis Konten, Promosi, Tiktok

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan konten video di TikTok yang mampu menarik perhatian banyak pengguna, mendorong kreativitas, dan perubahan diri individu. Menggunakan teori empat pilar strategi media sosial dan konsep komunikasi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dan kajian semiotik Roland Barthes. Peneliti mendeskripsikan informasi yang diperoleh dari media sosial, kemudian memilih dan menganalisis data tersebut. Analisis semiotik dilakukan untuk memahami tanda dan makna dalam konten TikTok @jakartafairid, dengan fokus pada denotasi, konotasi, serta mitos yang terbentuk dalam komunikasi tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa akun TikTok @jakartafairid berhasil menyampaikan konten yang bervariasi dan kreatif, mencakup aspek komunikasi, kolaborasi, edukasi, dan hiburan. Konten tersebut berhasil menarik target audiens dan efektif dalam mempromosikan Jakarta Fair 2023. Konten yang tidak monoton dan bervariasi membantu mempertahankan minat pengguna serta meningkatkan keterlibatan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa strategi konten yang efektif dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan mencapai tujuan promosi dengan lebih baik.

Author Biographies

Ira Agnesia Adevelyne, Universitas Kristen Indonesia

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kristen Indonesia

Helen Diana Vida, Universitas Kristen Indonesia

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kristen Indonesia

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 82 times
pdf downloaded = 43 times