Analisis Perbedaan Gender pada Kemampuan Marsi (Metacognitive Awarness Reading Strategy) Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang

  • Mistianah Mistianah IKIP Budi Utomo
  • Khoirun Nisa IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: Studi, Analisis, Marsi

Abstract

Kemampuan metakognitif dalam membaca merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gender dengan kemampuan metakognitif mahasiswa Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malangdalam membaca. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Metacognitive Awareness of Reading Strategies Inventory (MARSI) yang diadaptasi dari Mokhtari dan Reichard (2002). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa perempuan memiliki kemampuan metakognitif dalam membaca lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa laki-laki. Temuan menunjukkan bahwa siswa menerapkan strategi pemecahan masalah yang paling tinggi dibandingkan dengan strategi membaca metakognitif lainnya, sedangkan strategi yang paling jarang digunakan adalah strategi pendukung membaca.Namun, tidak ada perbedaan yang signifikan antara pria dan wanita untuk kedua strategi ini.Penelitian selanjutnya seharusnya menyelidiki cara-cara untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dalam membaca sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa.

Published
2020-04-07
Abstract viewed = 66 times
pdf downloaded = 50 times