PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI MOBILE LEARNING BERBATUAN I-SPRNG PADA MATERI PHYTAGORAS

  • Ririn Hanifah STKIP PGRI Bangkalan

Abstract

Pandemi covid-19 yang telah melanda dunia dan Indonesia sejak awal tahun 2020 telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, kebijakan pemerintah yang melarang pembelajaran tatap muka mengharuskan setiap lembaga pendidikan melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring. Pemberlakuan belajar jarak jauh ini diterapkan secara serempak di seluruh pelosok negri dan tentunya membawa dampak yang berbeda-beda bagi setiap siswa. Untuk siswa yang tinggal di wilayah perkotaan mungin tidak mengalami banyak kendala, namun berbeda dengan siswa yang tinggal di pedesaan. Banyak tempa-tempat di desa yang sulit terjangkau sinyal sehingga menyebabkan siswa terkendala dalam proses pembelajaran daring. Penelitian  ini bertujuan untuk menghadirkan sebuah media pembelajaran matematika berbasis mobile learning yang bisa diakses secara offline sehingga dapat mengatasi permasalahan siswa yang berada di daerah sulit sinyal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( Research and development ) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penlitian menunjukkan bahwa media ini valid dan layak diguakan.

References

Bramasta, D. B. (2020). Update Covid-19 di Dunia 30 September: 33,8 Juta Infeksi | New York Akan Lakukan Denda Masker. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/30/074300565/update-covid-19-di-dunia-30-september--33-8-juta-infeksi-new-york-akan?page=all
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002
Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 65–70.
Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1925–1930. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029
Maharani, T. (2020). UPDATE 30 September: Ada 61.321 Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2020/09/30/15310941/update-30-september-ada-61321-kasus-aktif-covid-19-di-indonesia
Nisa, H. A., Wahyu, R., & Putra, Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. 05(02), 13–25.
Robianto, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Aplikasi Android untuk Mata Kuliah Ilmu Bahan Teknik pada Prodi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. 2, 124–133.
Roza, Y., Matematika, P., & Riau, U. (2019). ANDROID PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI. 03(02), 513–524.
Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). 6(1), 214–224.
Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (27th ed.). Alfabeta.
Wijayanti, R., Hasan, B., & Loganathan, R. K. (2018). Media comic math berbasis whiteboard annimation dalam pelajaran matematika Comic math media based on whiteboard animation in math. 5(1), 53–63.
Published
2021-04-23
Abstract viewed = 2450 times
PDF downloaded = 1296 times