ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI DIAGRAM LINGKARAN

  • Mika Ambarawati IKIP Budi Utomo Malang
  • Mochtar Abidin Pujinugroho Ikip Budi Utomo Malang
  • Trivina Burat IKIP Budi Utomo Malang
  • Avin Reisa N.M IKIP Budi Utomo Malang
  • Munika Munika IKIP Budi Utomo Malang
  • Agustina Bondi IKIP Budi Utomo Malang
  • Maria Sawe IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: kesulitan, mempelajari, diagram lingkaran

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan menganalisis kesulitan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII dalam mempelajari diagram lingkaran. Penelitian sebelumnya belum ada yang menganalisis khusus tentang diagram lingkaran, sebagian besar peneliian menganalisis kesulitan statistik secara umum. Metode penelitian adalah metode kualitatif. Penyajian dan analisis data pada penelitian kualitatif ini dilakukan secara naratif. Subjek penelitian adalah siswa SMP yang diklasifikasikan berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian  menunjukan bahwa terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari diagram lingkaran diantaranya yaitu kesulitan siswa dalam menggunakan rumus, kesulitan dalam menghitung, dan kesulitan dalam mengubah kalimat permasalahan ke dalam model matematika ataupun sebaliknya.

References

Dewi, R., & Widodo, W. (2016). Penguasaan Konsep Lingkaran Terhadap Kemampuan Spasial Matematika Siswa Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1), 16-27.
Dewi, D. K., & dkk. (2020). Analisis kesulitan Matematika Siswa SMP Pada Materi Statistika. 4(1), 1-7.
Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1 (1), 18-36.
Jayanti, R. A., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3 (3), 259-272.
Khoirunnisa, Syifa, & dkk. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Luas Permukaan Dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Prismatika, 2(2), 21-32.
Made, d. (2014). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 2 (2), 1-12.
Maghfiroh, Lailatul, & dkk. (2020). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Penyajian Data Kelas VII SMP. Jurnal JP3, 15(33), 38-45.
Maryati, Iyam, & Priatna, N. (2017). Analisis Kesulitan dalam Materi Statistika ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Statistis. Jurnal Prisma, 4(2), 173-179.
Muhammad, & Sugiman. (2014). AnalisiS Kesulitan Matematika Siswa SMA/MA dalam. Jurnal Riset Pendidikan, 1 (1), 23-34.
Mulyadi. (2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15 (1), 127-138.
Sholekah, & dkk. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika, 1 (2), 151-164.
Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia, 11 (2), 173-179.
Tishkovskaya, & Lancaster. (n.d.). Statistical Education in the 21th Century: a review of Challenges, Teaching Inovations abd Strategies for Reform. Journal of Statistics Educations, Volume 20, Number 2.
Ufi, D., & dkk. (2014). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 315-312.
Widyantini. (2010). Statistika SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Published
2021-10-01
Abstract viewed = 57 times
PDF downloaded = 47 times