PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN ANGKET SKALA LIKERT PADA MATEMATIKA

  • Della Putri Anggraeni IKIP PGRI Jember
  • Indah Rahayu Panglipur IKIP PGRI Jember
  • Marsidi Marsidi IKIP PGRI Jember
Keywords: kurikulum 2013, motivasi belajar, minat belajar

Abstract

 

Pengaruh penerapan kurikulum  terhadap motivasi dan minat belajar siswa dengan angket skali (skala likert) pada mata pelajaran matematika di SMK Trunojoyo Jember, penelitian ini dilatar belakangi kurangnya motivasi dan minat belajar siswa yang ada di SMK Trunojoyo Jember terutama pada kelas IX BDP setelah menerapkan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai ada atau tidaknya pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap motivasi dan minat belajarsiswa. Penelitian dilakukan di SMK Trunojoyo Jember. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Kurikulum 2013(Y), Motivasi Belajar (X1), dan Minat Belajar (X2). Penelitianini termasuk penelitianex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan rancangan penelitian Pendekatan Paradigma Berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan, maka diperoleh kesimpulannya dengan menggunakan Uji F dengan perhitungan manual, didapatkan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel atau 15,10 > 3,35 yang berarti Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap motivasi serta minat belajar siswa.

References

Ahmadi A, S. W. (2004). Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : PT Prestasi Pustakakarya.
Dimyati, M. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Gie, T. L. (1995). Cara Belajar yang Efisien jilid II. Edisi : 4. Yogyakarta : Liberty.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Mulyasa, H. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Jakarta.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Deepublish.
Sudirman, A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sugiono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA, cv.
Syah, M. (2003). Psikolog Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Jakarta.
Published
2021-05-04
Abstract viewed = 3034 times
PDF downloaded = 2816 times