DESKRIPSI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGGAMBAR TITIK KOORDINAT PADA DIMENSI DUA DAN DIMENSI TIGA

  • Firda Alfiana Patricia IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: dimensi dua, dimensi tiga, titik koordinat, geometri analitik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang ditemukan pada mahasiswa ketika menggambar titik koordinat pada dimensi dua dan dimensi tiga pada mata kuliah Geometri Analitik. Subjek penelitian merupakan 20 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo Malang Kelas 2019A yang terdiri dari 14 perempuan dan 6 laki-laki yang penentuannya menggunakan simple random sampling. Terdapat 15 mahasiswa yang melakukan kesalahan dan 5 mahasiswa yang sudah benar dalam menggambar titik koordinat pada dimensi dua, sedangkan dalam menggambar titik koordinat dimensi tiga ditemukan 12 mahasiswa yang melakukan kesalahan dan 8 mahasiswa yang sudah benar. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan analisis wacana maka kesalahan yang ditemukan merupakan jenis kesalahan proses keterampilan (process skills errors) diantaranya tidak menggunakan kertas berpetak sehingga jarak antar titik tidak sama, titik koordinat tidak diberi nama, titik koordinat tidak dituliskan, bilangan pada sumbu koordinat tidak dituliskan dan keliru dalam menggambar sumbu koordinat yang benar.

References

Andar, & Ikman. (2016). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Semester Matematika Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, Vol. 4, No. 2.
Aryani, I., & Maulida. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika melalui Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Serambi Ilmu, Volume 20, Nomor 2.
Deswantari, E., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2020). Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Poligon. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 05, No. 01.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 03, No. 02.
Fatahillah, A., N.T, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 40-51.
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 4, No. 1.
Fitriyah, I. M., Pristiwati, L. E., Sa'adah, R. Q., & Nikmarocha, Y. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Koordinat Cartesius menurut Teori Kastolan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol. 8, No. 2, 109-122.
Listiana, A. D., & Sutriyono. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan bagi Siswa Kelas VII SMP Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol. 1 No. 1, 60-65.
Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 5 No. 2, 133-140.
Raharjo, A. M., & Christanti, A. D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Kanisius Gayam dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2, 175-185.
Subekti, F. E., & Rochmad, I. (2021). Kemampuan Representasi Visual Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Koordinat Kartesius. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, (pp. 217-222).
Wati, M. K., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, Vol. VI, No. 1.
Wulandari, S., & Gusteti, M. U. (2020). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Trigonometri Siswa Kelas X SMA. Math Educa Journal 4(1), 64-80.
Yusuf, Y., R, N. T., & W, T. Y. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Aksioma Vol. 8 No. 1, 76-86.
Published
2021-10-01
Abstract viewed = 915 times
PDF downloaded = 669 times