PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI BANGUN RUANG

  • Kenys Fadhilah Zamzam IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: multimedia, macromedia flash, pendekatan open ended problem

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat pengembangan multimedia interaktif berbasis macromedia flash menggunakan pendekatan open ended problem pada materi bangun ruang dengan. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D. Hasil penilaian dari ahli materi antara lain: aspek pada kualitas isi diperoleh hasil rata-rata dengan besar 80 dimana pada kriteria baik, desain dari multimedia interaktif yang dikembangkan diperoleh rata-rata 85,67 masuk kategori sangat baik, aspek open ended problem diperoleh hasil rata-rata menunjukkan 84,25 dimana masuk kategori yang sangat baik, serta aspek Bahasa dan tampilan multimedia interaktif yang dikembangkan rata-rata 81,77 dimana kategori yang diperoleh sangat baik. Hasil ahli media menunjukkan rata-rata desain multimedia interaktif 86 dimana masuk kategori yang sangat baik, isi multimedia berada pada rata-rata 82,36 dengan kriteria yang sangat baik, pada tampilan menunjukkan 88,56 dimana kriteria sangat menarik, dan rata-rata kemudahan pengoperasian adalah 87 menunjuukkan kriteria yang sangat menarik. Oleh karena itu multimedia interaktif yang telah dikembangkan sudah layak serta siap untuk diujicobakan. Setelah diujicobakan terhadap 10 orang siswa diperoleh data bahwa rata-rata siswa berada dalam kategori sangat baik atau dikatakan tuntas belajar. Secara garis besar maka multimedia interaktif yang mana berbasis macromedia flash menggunakan pendekatan open ended problem pada materi bangun ruang efektif digunakan dalam proses pembelajaran sebagai media.

References

Akbar W. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas III SD Negeri percobaan 2 Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 6(7), 673–683.
Andiyana, M., dkk. (2018). Analisis kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 239-248.
Arofah, R., & Cahyadi, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Ebiendele, E. P. (2012). Critical Thinking: Essence for Teaching Mathematic and Mathematics Problem Solving Skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5(3), 39–43.
Fredy dan Soenarto, S. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Pada Materi Bilangan Bulat Kelas IV SDN Lempuyangan I Yogyakarta. Prima Edukasia, 1(2), 162–172.
Istiqlal, M. (n.d.). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. 2.



Ivers, K. S. & A. E. B. (2010). Multimedia projects in education : designing, producing, and assessing. Second Edition. LIBRARIES UNLIMITED Teacher Ideas Press.
Jakopovic, P. M. (2021). Coaching to develop teacher professional noticing: planning with students and mathematics in mind. International Journal of Mentoring and Coaching in Education, 10(3), 339–354. https://doi.org/10.1108/IJMCE-10-2020-0064
Ketong, S., Burhanuddin, B., & Asri, W. K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(1), 45–54. https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5629
Kurnia, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa X Semester Genap SMA Negeri 1 Pekalongan. Proseding Semnas Pendidikan Ekonomi & Bisnis, November.
Noer, S. H. (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open Ended. Jurnal Pendidikan Matematika.
Novitasari, E., Masykuri, M., & Aminah, N. . (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Matahari sebagai Sumber Energi Alternatif di Kelas VII SMP/MTS. Jurnal Inkuiri, 5(1).
Nuning, M., & Sugiman. (2015). Keefektifan Pendekatan Open Ended dan problem solving Pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar di SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 211-223.
Pranata, S. A., Wardani, D. P., & Pendidik, J. P. (2015). Diary of Dyscalculia Untuk Anak Berkesulitan. 2(November), 86–97.
Purnomo, A, D. (2017). Pengembangan Game Untuk Terapi membaca Bagi Anak Disleksia Dan Diskalkulia. Simetris, 8(2), 497–506.
Rasyid, M., Azis, A. A., Saleh, A. R., Biologi, M. J., Makassar, U. N., Biologi, D. J., & Makassar, U. N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69–80.
Rosa, F. O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. JPF, 3(1), 49–63.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wijayanti, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mengacu Model Creative Problem Solving Berbasis Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 101–110.
Published
2021-10-29
Abstract viewed = 957 times
PDF downloaded = 566 times