PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SQUARE SHARE BERBANTUAN LEMBAR PESAN BERMAKNA

  • Andi Navianto SMP Negeri 3 Pule
Keywords: kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran kooperatif, TPSS

Abstract

Peneliti sering menemukan siswa yang bingung memulai langkah awal dalam memecahkan masalah. Siswa kurang mampu menggunakan informasi yang tersedia dan pengetahuan yang telah dipelajari sebagai dasar menyelesaikan masalah. Selain itu, upaya siswa memecahkan masalah melalui diskusi dan menjalin komunikasi dengan siswa lain masih rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan memecahkan masalah  menggunakan Lembar Pesan Bermakna dalam pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square Share pada siswa kelas IX-A SMP Negeri 3 Pule tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dua pertemuan. Data yang dikumpulkan adalah lembar aktivitas siswa dan hasil tes. Tahap-tahap penelitian ini terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penggunaan Lembar Pesan Bermakna di dalam pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square Share (TPSS) dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada siswa kelas IX-A SMP Negeri 3 Pule tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil aktivitas dan tes siswa. Hasil aktivitas siswa mengalami peningkatan dari kategori Cukup pada siklus I menjadi kategori Baik pada siklus II. Hasil tes siswa menunjukkan peningkatan ketuntasan kelas dari 17% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II dengan nilai rata-rata 79.

References

Abdurrahman dan Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Effendi, S. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES
Grinham, G. 2009. Think-Pair-Square-Share. [online]. Tersedia: http://www.slideshare.net/greg4758/think-pair-square-share
Hamalik, O. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo
Isjoni. 2008. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Jumarni, Pasaribu, M., & Lamba, H.A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Pemahaman Konsep pada pokok bahasan Usaha dan Energi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 2(1)
Komariah, K. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX-J di SMPN 3 Cimahi. ProsidingSeminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011
Stone, R. 2009. Cara-cara Terbaik Mnegajarkan Matematika. Jakarta: Indeks
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sumaryati dan Sumarmo. 2013. Pendekatan Induktif-Deduktif Disertai Strategi Think-Pair-Square-Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1)
Sumiati dan Asra. 2012. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Taniredja, dkk. 2012. Model-model Pembelajarn Inovatif. Bandung: ALFABETA
Turmudi. 2009. Landasan Filosofis dan Teoritis Pembelajaran Matematika. Jakarta: Leuser Cipta Pustaka
Wara J, M., Rizal, Y., & Nilawasti. 2012. Model Coopertive Learning Tipe Think Pair Square dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 1 Pulau Punjung. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 35-38
Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika: Yogyakarta: PPPPTK
Uno, H. B. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Zahriah, Hasan, M., & Jalil, Z. 2016. Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar pada Materi Vektor di SMAN 1 Darul Imarah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 151-161
Published
2021-10-02
Abstract viewed = 696 times
PDF downloaded = 466 times