TRAVEL GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN

  • Tamim Muhtarom SD Negeri Krejengan
Keywords: travel game, perkalian, pembagian, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektivitas media travel game sebagai bahan ajar materi perkalian dan pembagian bagi siswa kelas V di SD Negeri Krejengan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo. Travel game merupakan suatu media pembelajaran berupa permainan edukatif yang disajikan sebagai suatu permainan dalam kegiatan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Krejengan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo pada semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas media travel game berdasarkan validasi para ahli berada dalam kategori baik. Efektivitas media travel game menurut siswa pada tahap one to one evaluation juga dalam kategori baik, sedangkan pada tahap small group evaluation dan field evaluation berada dalam kategori baik sekali.

References

Amrulloh, T. R., Risnasari, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi Matematika (Operasi Bilangan Pecahan) Berbasis Android untuk Sekolah Dasar. EDUTIC: Pendidikan dan Informatika, 5(2), 115-123. doi:https://doi.org/10.21107/edutic.v5i2.5355
Astutik, I. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran "Kalingga" untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian dan Pembagian. Indonesian Digital Journal of Mthematics and Education, 5(9), 623-628.
Fatimah, D., Murtono, & Su'ad. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendiddikan, 4(3), 526-532.
Harnanto, S. (2016). Alat Peraga Kotak Belajar Ajaib (Kobela) dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 33-42. doi:http://dx.doi.org/10.30659/pendas.3.1.33-42
Jarmita, N. (2015). Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Awal Sekolah Dasar. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(2), 1-16.
Kartika, E. D., Cipta, D. S., & Rohmah, L. N. (2020). Penerapan RealQu pada Sistem Bilangan Real dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 238 - 249. doi: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp238-249
Kurniawan, C. (2020). Menumbuhkan Rasa Senang Berhitung dengan Metode Jarimatika pada Peserta Didik TK. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(2), 1-6. doi:https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i2.690
Lestyorini, R. D., & Noviyanto, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Berbasis Adobe Flash di Kelas V SD Negeri Kabupaten Indramayu. Dwija Cendekia, 3(2), 217-225.
Malalina. (2019). Pemanfaatan Batang Napier untuk Menghitung Operasi Perkalian dan Pembagian. Jurnal Pengabdian Barelang, 1(2), 17-23. doi:https://doi.org/10.33884/jpb.v1i02.1053
Mukri. (2019). Pembelajaran Perkalian dan Pembagian pada Pecahan Melalui Penggunaan Media Gambar pada Siswa Kelas V SDN 4 Pasir Panjang. Neraca Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 27-31.
Pranasti, M. A., & Napfiah, S. (2019). Hubungan Antara Kecemasan Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 1(2), 35-42. doi:https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i2.432
Suyuti, F. W., Ridlo, L., & Riwanto, M. A. (2018). Penggunaan Media Rak Telur Rainbow dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Kelas II SD Negeri Kaangasem 01. Jurnal Pancar, 2(2), 37-41.
Syahputri, N. (2018). Rancangbangun Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 1 Menggunakan Metode Demonstrasi. JSIK: Jurnal Sistem Informasi Kaputama, 2(1), 89-95.
Wahyuningtyas, D. T., & Ladamay, I. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Menggunakan Media Wayangmatika. Pancaran, 5(3), 51-60.
Zulkarnain, I., Hidayanto, T., & Riza, M. (2021). Pengembangan Media Simulatif "Travel Game" Konteks Lingkungan Lahan Basah untuk Pembelajaran Matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 91-98. doi:http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v9i1.9784
Published
2021-10-30
Abstract viewed = 3083 times
PDF downloaded = 1137 times