EKSPLORASI KONSEP DILATASI ETNOMATEMATIKA PADA BATIK TEMBAKAU JEMBER

  • Dwi Noviani Sulisawati IKIP PGRI Jember
  • Devita Amalia IKIP PGRI Jember
  • M. Fadil Djamali IKIP PGRI Jember
Keywords: etnomatematika, eksplorasi, kualitatif, dilatasi

Abstract

Etnomatematika merupakan ragam cara yang berbeda dalam melakukan matematika yang memperhitungkan penggunaan konsep-konsep matematika dalam sistem akademik yang dikembangkan di berbagai lapisan masyarakat dengan tetap memperhatikan tujuan yang berbeda – beda, dimana perbedaan budaya akan menciptakan perbedaan dalam praktek matematikanya (cara berhitung, mengelompokkan, mengukur, merancang bangunan atau alat, bermain dan lainnya). Berdasarkan hal tesebut  penelitian ini bertujuan  mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika pada batik tembakau Jember. Metode analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di Rumah Batik Rolla Jember dan Rezti’z Batik Tegalsari Ambulu Jember. Penelitian dilaksanakan selama satu minggu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Etnomatematika pada batik motif tembakau khas Jember mempunyai konsep matematis berupa konsep dilatasi.

References

Afifah, Dian S.N., dkk. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Gajah Mada Motif Sekar Jagad Tulungagung. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, March 2020, Vol. 14, No. 1, pp. 101-112, p-ISSN. 1978-7227, e-ISSN. 2615-3017.
Arwanto, A. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 40. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1493
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Hartindya, R. P. (2019). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember.
Irawaan, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Penguasaan Konsep Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritik Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1), 46–55. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.138
Jamil, AF. (2019). Geometri Transformasi. UMMPress: Universitas Muhammadiyah Malang.
Khofifah, Lita., dkk. (2018). Etnomatematika Karya Seni Batik Khas Suku Osing Banyuwangi Sebagai Bahan Lembar Kerja Siswa Materi Geometri Transformasi. Jurnal Kadikma, Volume 9, No. 3, Hal. 148-159.
Marsigit., dkk. (2008). Matematika SMA Kelas XII. Penerbit Quadra: Jakarta.
Matitaputy, C. (2018). Miskonsepsi Siswa dalam Memahami Konsep Nilai Tempat Bilangan Dua Angka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 113–119. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.266
Ufie, A., Kualitatif, P., Nugrahani, F., Parupalli, S. R., Nteli, A., Zafiri, M., Kolokytha, E., Loutrouki, S., Valsamidis, S., Florou, G., Nursalam, 2016, metode penelitian, Okada, Y., Sawaumi, T., Ito, T., Erasmus, N., Overwater, I. E., Parupalli, S. R., Miskam, N. N., Saidalvi, A., … Saebani. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 32. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758
Sholikhah, OH & Lingga, NP. (2018). Geometri untuk Pendidikan Dasar Cetakan Ke-1. CV AE Medika Grafika: Magetan, Jawa Timur.
Sudianto dan Erik, S,. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Pembuatan Motif Batik Khas Kabupaten Majalengka. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 05, No. 03, November 2021, pp. 2941-2949.
Stukalenko, Nina Mikhailovna, Saule Ashotovna Murzina, Lisa Naviyevna Navy, Sandugash Kairkhanovna Moldabekova and Almagul Doskenovna Raimbekova. (2013). Research of Ethnopedagogical Approach in Professional Training of Teachers. Life Science Journal; 10 (11s).
Roebyanto, Goenawan. (2014). Geometri, Pengukuran dan Statistik. Penerbit Gunung Samudra: Malang.
Windria, H. (2016). BATIK KAYA MATEMATIKA Memanfaatkan Motif Batik dalam Kelas Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 279–291.
Zannah, Usfatun. (2014). Makna Prosesi Perkawinan Jawa Timur Sebagai Kearifan Lokal (Pendekatan Etnografi Komunikasi dalam Upacara Tebus Kembar Mayang di Desa Jatibaru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak Provinsi Riau). JOM FISIP Volume 1 No. 2- Oktober 2014, Universitas Riau.
Zayyadi, Moh. (2017). Eksplorasi Etnmatematika Pada Batik Madura. Jurnal Sigma, Volume 2, Nomor 2, Maret 2017, Hal. 35-40.
Published
2021-10-30
Abstract viewed = 1300 times
PDF downloaded = 768 times