SINERGI MATA KULIAH MAGANG DENGAN KEGIATAN MICROTEACHING BAGI CALON PENDIDIK MATEMATIKA

  • Lutfiyah Lutfiyah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Eric Dwi Putra Universitas PGRI Argopuro Jember
Keywords: sinergi, magang, microteaching, calon pendidik

Abstract

Adanya matakuliah magang bagi mahasiswa sebagai calon pendidik diharapkan dapat menambah keahlian, terutama pada penguasaan bidang studi dan landasan keilmuan dalam kegiatan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mensinergikan hasil dari matakuliah magang dan kegiatan microteaching. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Hasil penelitian ini berupa evaluasi yang diperoleh dari magang 1 dan 2 yaitu 82,53% kategori sangat baik dan 79,79% kategori baik sedangkan evaluasi yang diperoleh pada kegiatan microteaching pada evaluasi 1 rata-rata 78,7% kategori baik dan evaluasi 2 rata-rata 78,9% kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa magang 1 dan 2 pada program studi pendidikan matematika rata-rata 81,16% dengan kategori sangat baik sedangkan hasil evaluasi yang diperoleh pada kegiatan microteaching pada program studi pendidikan matematika dengan rata-rata 78,8% kategori baik. Terdapat keterkaitan antara matakuliah magang dan kegiatan microteaching sehingga kedua matakuliah tersebut dikatakan bersinergi.

References

Arifin, Z. (2017). Magang Mahasiswa Program Sarjana Perguruan Tinggi LPTK. The Second Progressive and Fun Education Seminar, 2, 447–458. http://hdl.handle.net/11617/9586
Bashith, A. (2017). Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Dalam Pemberlakuan Magang Pada Kurikulum Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis KKNI. J-PIPS, 3(2), 112–129.
Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2016). Strategi LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 98–106. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p98-106
Budiyasa, I. W. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN MENYUSUSN RPP KURIKULUM 2013 DAN KEMAMPUAN MENGAJAR PADA SAAT PRAKTIK MICROTEACHING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FPMIPA IKIP PGRI BALI. Widyadari, 21(2), 487–499. https://doi.org/10.5281/zenodo.4048953
Fuady, A. I., & Prasetyo, Z. K. (2015). Evaluasi Kesesuaian Perkuliahan Microteaching Pendidikan Fisika Terhadap KKNI di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Journal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 36–45.
Ghoer, H. F., Ratnawulan, Mulyati, E. N., Suherman, D., & Wahyudin. (2019). Sekolah mitra sebagai komunikator pelaksanaan magang penguasaan kompetensi calon pendidik pada fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. GUNUHUMAS, 2(1), 248–263.
Gultom, S. (2018). Mata Kuliah Magang. In Buku Panduan (pp. 1–79).
Hasan, I. (2015). Pengembangan Kurikulum LPTK (Penyiapan Calon Guru PAI) Berbasis KKNI. Islamadina, 14(1), 29–49.
Ismail, Hasan, & Musdalifah. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1), 124–132. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48
Lutfiyah, & Amalia, R. (2018). Evaluasi Praktik Micro Teaching Mahasiswa Berdasarkan Instrumen UPT-PPL. Laplace, 1(1), 41–49.
Nariswari, I. G. A. ., Padmadewi, N. ., & Mardani, D. M. . (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Mata Kuliah Microteaching Berbasis Standar Proses Kurikulum 2013 Untuk LPTK Penyelenggara Pendidikan Bahasa Jepang Di Bali. JPBJ, 3(3), 561–567. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/12148/pdf
Olensia, Y. (2018). Analisis Pelaksanaan Micro Teaching Calon Guru Kimia Di Fitk Uin Raden Fatah Palembang. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 58–70. https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2850
Ratih, A. (2018). Analisis Kemampuan Ketrampilan Dasar Mengajar Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi Pengampu Mata Kuliah Mikroteaching STKIP YPM Bangko. 1(1), 13–15.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (20th ed.). Alfabeta.
Sukerti, N. W. (2016). Optimalisasi Peran LPTK Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Lulusan Bidang Tata Boga Di Era MEA. SEMNASVOKTEK, 119–126.
Syaputra, A., & Lubis, L. T. (2018). Hubungan antara minat profesi guru dan sikap keguruan terhadap kemampuan pemahaman profesi pendidikan dan kesiapan magang mahasiswa Program Studi MIPA Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan tahun 2017-2018. Jurnal Education and Development, 6(2), 107–113.
Published
2021-10-29
Abstract viewed = 659 times
PDF downloaded = 486 times