PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING SEBAGAI CARA MENINGKATKAN KEAKTIVAN SISWA UNTUK MENEMUKAN RUMUS SUDUT RANGKAP MATERI TRIGONOMETRI

  • Nusandari Kusumastuti SMA Negeri 1 Lawang
Keywords: discovery learning method, students activity, learning

Abstract

The discovery learning method is a teaching method that regulates teaching so that children acquire knowledge that was previously unknown and not through notification, partially or wholly discovered by themselves. At SMAN 1 Kota Sorong, students' learning activity in class was very lacking. This study used the role model method, where the model used was the learning observed in SMA Negeri 1 Lawang to be adapted in SMA Negeri 1 Sorong City. The main objective of this role model research was to improve classroom learning practices that were used as objects at SMA Negeri 1 Sorong City by taking the model from SMA Negeri 1 Lawang. The research applied the discovery learning method by using the Student Activity Sheet to activate students in learning Trigonometry, especially the subject of Double Angles. Three main characteristics of discovery learning were carried out in research at SMAN 1 Sorong City, namely: (1) exploring and solving problems to create, combine and generalize knowledge; (2) student-centered; and (3) activities to combine new knowledge and existing knowledge. The application of the discovery method was proven to be able to make students of class XI IPA SMAN 1 Sorong City able to be actively involved in learning.

References

Anwar, C.. 2017. Buku Terlengkap Teori-teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD.
Budiningsih, Asri. 2005 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asri Maha Satya.
Fathurrohman, M.. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Kalimedia.
Faan, Elfda Martha, Ahmad Yulianto, dan Asrul. 2021. Pengaruh model Discovery learning terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD YPK Persiapan Mirafan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3 (1).
Fajri, Zaenol. 2019. Model Pembelajaran Discovery learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal IKA, 7 (2), 64-73.
Luthfi, M. R. A, dan Susanto, J. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 8 di SD Negeri 1 Selo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8 (3).
Mubarok, Chusni dan Edy Sulistyo. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3 (1), 215 - 221.
Prasetyo, Apri Dwi dan Muhammad Abduh. 2021. Peningkatan Keaktifan Belajar melalui Model Discovery learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (4), 1717-1724.

Purwati, R. P. 2020. Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan Discovery Learning Menggunakan Google Classroom. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, 4 (1).
Rahayu, Iin Puji dan Agustina T.A.H. 2019. Penerapan Model Discovery learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193 - 200.
Sakila. 2020. Discovery learning sebagai Sebuah Alternatif Model Pembelajaran pada Materi Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Isi Teks Prosedur. Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 7 (2).
Salmi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit, 6 (1), 1 - 16.
Sulistyono, F. 2018. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning Pada Siswa Kelas Xi Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran Ekonomi Sman 1 Andong Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Supriyanto, B. 2014. Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 3 (2).
Yuliana, Nabila. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (1), 21-28.
Published
2022-05-19
Abstract viewed = 1773 times
PDF downloaded = 842 times