MENUMBUHKAN RASA SENANG BERHITUNG DENGAN METODE JARIMATIKA PADA SISWA TK

  • Choirul Kurniawan IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: cultivate, pleasure, method, jarimatika

Abstract

This study aims to measure and foster pleasure in counting with the Jarimatika method. This research was conducted collaboratively with classroom teachers in learning activities in class. The research subjects of Class A Bahrul Ulum TK in Karangduren Village, Pakisaji District, Malang Regency were 20 students. Data collection techniques: tests, observations, interviews and documentation, descriptive data analysis techniques. The purpose of this study is to help students grow their joy in learning mathematics with the Jarimatika method and help teachers to be more creative in making interesting and innovative methods in the classroom.

References

Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Asih, Ni Made. (2009). Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan pada Peserta didik Kelas 1 dan 2 SDN 6 Sesetan Denpasar Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 1-8.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Nurani, Ainin dan Nugrahardi R. (2014). Perancangan Buku Interaktif Jarimatika Penjumlahan dan Pengurangan sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untk Anak Usia 5-7 Tahun. Jurnal Sains dan Seni Pomits, 3(1), 13-17.
Pramita, Dewi. (2017). Pengenalan dan Pelatihan Berhitung dengan Jarimatika dan Sempoa di SDN 10 Ampenan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 1(1), 46-51.
Septiyawili, Beny Yonas. (2016). Penggunaan Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kecepatan Berhitung Perkalian Bilangan 6 Sampai 10 untuk Peserta Didik SD Kelas 3 di SD Blunyahan 1 Bantul Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Sitio, Tiarmina. (2017). Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas 1 SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(1), 146-156.
Sumiati. (2018). Efektifitas Pembelajaran Matematika pada Perkalian Melalui Metode Jarimatika terhadap Ketuntasan Belajar Kelas 1 SDN Sindanwangi 1 Tahun 2016. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(1), 58-65.
Sumirat, I., Trimurtini, dan Wahyuningsih. (2016). Pengaruh Praktik Jarimatika terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian pada Peserta didik Kekas II SD. Jurnal Kreatif, 4(6), 63-72.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Undang-Undang Republik Indonesia.
Utami, Nur Aini Tri. (2018). Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Perkalian Peserta Didik Kelas II SD Negeri Gadingan dan SD Negeri Punukan Kulon Progo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta.
Wulandari, Septi Peni. (2008). Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Tangerang: PT Kawan Pustaka.
Published
2020-04-01
Abstract viewed = 195 times
PDF downloaded = 138 times