Analisis Pelayanan Badan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan terhadap Kepuasan Mahasiswa STIE Yadika Bangil

: An Analysis of Academic Administration Agency Services and Student Affairs towards Student Satisfaction STIE Yadika Bangil

  • UFI RUMEFI Akuntansi, STIE Yadika Bangil
Keywords: Pelayanan Akademik, Kemahasiswaan, Kepuasaan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pelayanan BAAK yang meliputi Sub bagian Sarana dan Prasarana (X1), Sub bagian Kemahasiwaan (X2), Sub Bagian Keuangan (X3) dan Sub bagian Akademik (X4) secara parsial maupun secara simultan berpengaruh terhadap kepuasaan mahaiswa (Y), Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Sub bagian Sarana dan Prasarana (X1), Sub bagian Kemahasiwaan (X2), Sub Bagian Keuangan (X3) dan Sub bagian Akademik (X4) secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasaan mahaiswa (Y) sample dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mempunyai frekuensi tingkat kunjungan pada BAAK lebih dari 12 kali dalam satu bulan. hasil penelitian didapatkan adjusted R skuare sebesar .815 hal ini berarti 81,5% variabel bebas mempengaruhi variabel terikat, Variabel X2 sampai dengan variabel X4 mempengaruhi variabel Y dengan nilai sig < 0,05 sedangkan variabel X1 tidak mempengaruhi variabel Y dengan nilai sig > 0,05.

References

Amalina Dzakiratullah, N. U. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa di subbag akademik, kemahasiswaan, dan alumni fakultas ekonomi univesitas negeri surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan. , 6(3).

Habib, M. S. (2020). Manajemen sarana dan prasarana dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran (studi komparatif pada madrasah aliyah negeri 1 mukomuko dengan madrasah aliyah miftahul ulum mukomuko).

Mahyaruddin, A. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Terhadap Pelayanan Biro Bagian Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan UIN Ar-Raniry. Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY .

Mahyaruddin, A. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Terhadap Pelayanan Biro Bagian Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan UIN Ar-Raniry. Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY .

Nusron A. 2019. Konsep dan Pembuatan Kuisioner Pelayanan BAAK. Diakses pada tanggal 08 Januari 2019

Putri, A. F. (2017). Pembuatan Portfolio Layanan TI Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana Berdasarkan Service Strategy ITIL V3.

Sarwani, M. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Beasiswa Menggunakan Metode SAW pada Bagian Kemahasiswaan Universitas Dinamika.

Thadi, R. (2020). udit Komunikasi Organisasi Layanan Akademik di IAIN Bengkulu. Jurnal Penelitian Komunikasi , 23(1).
Published
2021-03-29
Abstract viewed = 17 times
PDF downloaded = 13 times