Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Maumere
: The Influence of Discipline Learning and Learning Motivation on Student Achievement at SMA Muhammadiyah Maumere
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Maumere, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode Ex-Post Facto. Subjek penelitian adalah siswa SMA Muhammadiyah Maumere berjumlah 250 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 153 siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi serta analisis adat menggunakan analisis regresi linear berganda. Kesimpulannya: 1) Kedisiplinan belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Maumere. 2) Motivasi belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhmmadiyah Maumere. 3) Kedisiplinan belajar dan motivasi belajar secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Maumere.
References
Afandi, R., 2011. Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98.
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
Depdiknas., 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Devi Yulianti., 2018. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sarana dan Prasarana Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gema Ekonomi, Vol. 8, No.2, Hal. 1247-1280.
Febrianti, L., & Rachmawati, L., 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2).
Feni., 2014. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Jalur Bina Lingkungan dan Non-Bina Lingkungan. Jurnal Kultur Demokrasi.
Hadinata, Priyatna., 2009. Iklim Kelas dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Dalam Jurnal Psikologi. Vol 3 No 1. Jawa Barat: Universitas Gunadarma
Falakh, Mukhammad Shobakhul., 2016. Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.
Santrock, J. W., 2009. Educational Psychology (Psikologi Pendidikan). Translated By Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika.
Pratiwi, N. K., 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31.
Tsani, I. L., Herawati, N. I., & Istianti, T., 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2).
Kusuma, Zuhaira Laily., 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Ips SMAN 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 164–171.