Evaluasi Penerapan SIMDA Keuangan pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang

: The Evaluation of the Implementation of the Financial SIMDA at the Youth, Sports and Tourism Office of Magelang City

  • Siti Muthoharoh Akuntansi, Universitas Tidar
  • Agustina Prativi Nugraheni Akuntansi, Universitas Tidar
Keywords: Evaluasi, Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA), Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan sistem informasi manajemen daerah (SIMDA) keuangan di Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang. Selanjutnya, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui langkah yang strategis untuk dilakukan oleh pemerintah daerah dalam penerapan SIMDA Keuangan dengan mengambil studi kasus pada Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata Kota Magelang. Kegiatan pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara dan menggunakan instrumen pendukung dalam bentuk e-formulir wawancara. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kualitas sistem yang dihasilkan SIMDA Keuangan secara keseluruhan sudah baik. Hasil yang diperoleh dari evaluasi penerapan SIMDA Keuangan pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang adalah dalam bentuk nilai persentase menggunakan perhitungan arikunto dengan hasil sebesar 68,52%. Lima kriteria kegunaan digunakan sebagai standar untuk menganalisis sejauh mana aplikasi SIMDA telah diterapkan, sehingga dapat diketahui apa kelemahan sistem dan dengan demikian dapat dilakukan perbaikan pada sistem.

 

References

Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Budiman, F. dan A. F. I. 2013. Pendekatan Technology Acceptance Model dalam Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah. Jurnal WRA, 1 (1), 78-.

Darea. 2015. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Keuangan Pada Dppka Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, vol 3 no 2.

Edi, M. S. 2020. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Keuangan Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tolitoli. Jurkami :Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 5,.

Gaol, Chr, J. L. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi. PT. Grasindo.

Harmadhani, Y. 2013. Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda Keuangan) Dalam pengolahan Data Keuangan pada Organisasi Pemerintah Daerah (Studi Kasus pada Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk). Jurnal Akuntansi Aktual, Vol. 2, No, hlm. 25–33.

Kumorotomo. 2004. Sistem Informasi Sektor Publik. BPFE UGM.

Machmud, R. 2013. Hubungan Sistem Informasi Manajemen dan Pelayanan dengan Kinerja Pegawai Pada Rutan
Makassar. Jurnal Capacity STIE AMKOP Makassar, Vol. 9 No. ISSN : 1907-3313.

McLeod, R. J. 1997. Sistem Informasi Manajemen (Edisi Bahasa Indonesia). Prenhallindo.

Saputra E. Dkk. 2014. Usability Testing untuk Mengukur Penggunaan Website. Jurnal Teknik Informatika, 12.

Suwandi. 2016. Penerapan Dan Penilaian Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Di Kabupaten Purworejo Dalam Membantu Pengelolaan Akuntansi Pemerintahan. Jurnal Fokus Bisnis, Volume 15,.

Trivena, jantje, L. 2015. Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Keuangan Pada Badan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12(2), 201
Published
2021-03-29
Abstract viewed = 22 times
PDF downloaded = 16 times