Pengembangan Mobile Learning Menggunakan Adobe Animate CC untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik

: A Mobile Learning Development Using Adobe Animate CC to Increase Student Motivation and Learning Outcomes

  • Silvia Silvia Universitas Negeri Malang
  • Imam Bukhori Universitas Negeri Malang
Keywords: hasil belajar, mobile learning, motivasi belajar

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak akhir 2019 menyebar dengan cepat ke negara-negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Banyak sektor telah terdampak oleh pandemi ini, Tidak terkecuali sektor pendidikan. Pembelajaran tidak lagi dilakukan secara tatap muka tapi dilakukan secara jarak jauh. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk 1) menghasilkan mobile learning berbasis android pada mata pelajaran korespondensi, 2) mengetahui tingkat kelayakan mobile learning melalui validasi ahli dan uji coba, 3) mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian dan pengambangan yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah: 1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal; 2) tahap perencanaan; 3) tahap pengembangan format produk awal; 4) tahap validasi ahli; 5) tahap uji coba produk; 6) tahap revisi produk; dan 7) tahap produk akhir. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket uji coba, angket tingkat motivasi belajar peserta didik, dan posttest. Hasil validasi dan uji coba dinyatakan sangat layak dan penerapan produk berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

References

Bernacki, M.L., Vosicka, L., Utz, J.C., Warren, C.B., 2020. Effects of digital learning skill training on the academic performance of undergraduates in science and mathematics. Journal of Educational Psychology No Pagination Specified-No Pagination Specified. https://doi.org/10.1037/edu0000485

Dasmo, D., Astuti, I.A.D., Nurullaeli, N., 2017. Pengembangan Pocket Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika 4, 71–77. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v4i2.7363

Drigas, A., Angelidakis, P., 2017. Mobile Applications within Education: An Overview of Application Paradigms in Specific Categories. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM) 11, 17–29.

El-Sofany, H.F., El-Haggar, N., 2020. The Effectiveness of Using Mobile Learning Techniques to Improve Learning Outcomes in Higher Education. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM) 14, 4–18.

Komarudin, D., Adnan, A., Upe, A.A., 2017. The Effect of Smartphone Technology Development on Student Morality. International Journal of Nusantara Islam 5, 142–153. https://doi.org/10.15575/ijni.v5i2.2048

Lestari, I., Maksum, A., Kustandi, C., 2019. Mobile Learning Design Models for State University of Jakarta, Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM) 13, 152–171.

Rahmaibu, F.H., Ahmadi, F., Prasetyaningsih, F.D., 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar 7. https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i1.9362

Rahmawati, E.M., Mukminan, M., 2017. Pengembangang m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 4, 157–166. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726

Said, K., Kurniawan, A., Anton, O., 2018. Development of media-based learning using android mobile learning. Journal of Theoretical and Applied Information Technology 96, 668–676.

Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, M., Nurcahyo, H., 2018. Improving students learning motivation through mobile learning. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 4. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i3.6859

Saselah, Y.R., M, M.A., Qadar, R., 2017. Interactive Multimedia Development Based on Adobe Flash CS6 Profesional on Learning of Chemical Equilibrium. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia) 2, 80–89. https://doi.org/10.20961/jkpk.v2i2.11978

Sibarani, H.P., Komaro, M., Sukrawan, Y., 2019. Implementasi Mobile Learning Berbasis Aplikasi Smartphone Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Journal of Mechanical Engineering Education 6, 42–50. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i1.18240

Sukariasih, L., Erniwati, E., Salim, A., 2019. Development of Interactive Multimedia on Science Learning Based Adobe Flash CS6. International Journal for Educational and Vocational Studies 1, 322–329. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i4.1454

Sung, Y.-T., Chang, K., Liu, T.-C., 2015. The Effects of Integrating Mobile Devices with Teaching and Learning on Students’ Learning Performance: A Meta-Analysis and Research Synthesis. Computers & Education 94. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.008

Thobroni, M., Mustofa. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogakarta: Ar Ruzz Media.
Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi & Pengukurannya: Kajian & Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uther, M., 2019. Mobile Learning—Trends and Practices. Education Sciences 9, 33. https://doi.org/10.3390/educsci9010033

Warsita, B., 2018. Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif. Jurnal Teknodik 14, 062–073. https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.452

Widiyaningtyas, T., Widiatmoko, A., 2014. Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Teknologi 21, 47–51.

Widiyastuti, N., Slameto, S., Radia, E.H., 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Materi Bumi Dan Alam Semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan 32, 77–84. https://doi.org/10.21009/PIP.321.9

Yusuf, A.S., 2019. Perancangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Computer Assisted Instruction Model Tutorial pada Topik Fotosintesis Menggunakan Adobe Animate CC untuk SMP. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning 16, 42–48.
Published
2021-03-29
Abstract viewed = 29 times
PDF downloaded = 24 times