Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Development of Learning Modules with a Problem Based Learning Approach to Improve Student Learning Outcomes

  • Matriyanus Ardinius Mundus IKIP Budi Utomo
  • Putri Vina Sefaverdiana IKIP Budi Utomo
  • Miftah Rakhmadian IKIP Budi Utomo
Keywords: Modul, Pelaku Ekonomi, Problem Based Learning

Abstract

Modul diartikan sebagai media untuk belajar mandiri karena di dalamnya telah dilengkapi petunjuk untuk belajar sendiri. Artinya, pembaca dapat melakukan kegiatan belajar tanpa kehadiran pengajar secara langsung yang dipadu oleh media modul sehingga mempermudahkan pesera didik untuk belajar kapan dan  dimanapun saja. Jenis pengembangan yang digunakan dalam penelitan ini adalah pengembangan atau  Research and Development. Alasan peneliti  memilih jenis pengembangan ini karena pengembangan merupakan suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu.Hal ini relevan dengan tujuan peneliti yang ingin menghasilkan suatu produk yang valid, praktis, dan efektif, berupa  modul. Penelitian dan pengembangan ini berdasarkan model pengembangan yang dipilih, yaitu model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan. Model pengembangan 4D terdiri atas empat tahap yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Development dan 4) Disseminate. Produk yang di hasilkan berupa pengembangan modul pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Ibnu Sina. Berdasarkan hasil validasi oleh  ke dua ahli yang pertama ahli materi diperoleh skor 92,64 dan ahli media dengan skor 83,92 dari nilai diatas dapat disimpulkan bahwa modul pelaku ekonomi masuk ke kategori sangat layak dan sudah bisa di implementasikan ke siswa siswi SMP.

References

Andi, P. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Anoraga, P. (1995). Tiga Pelaku Ekonomi. Jakarta: Pustaka Jaya.

Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Baswir, R. (2000). Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Chaniago, A. (1989). Perekonomian Indonesia. Bandung: Angkasa.

Edilius. (1992). Pengantar Ekonomi Perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta.

G.Armstrong, T. V. (2008). Effective Teaching in Eleentary Social Studies. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Jasmadi, W. S. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komutindo.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep Dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sekar, K. P. (2008). Pentingnya Pendidikan IPS di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.

Widiyanti, A. d. (1995). Manajemen Koperasi. Jakarta: Pustaka Jaya.
Published
2022-04-03
Abstract viewed = 975 times
PDF downloaded = 762 times