Pengembangan Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Pratikum Peserta Didik

Development Of Web Assistant Electronic Archives Systems As A Learning Media To Improve Students' Practical Skills

  • Erlyn Erlianti Setyani Universitas Negeri Malang
  • Imam Bukhori Universitas Negeri Malang
Keywords: Keterampilan Praktikum, Media Pembelajaran, Sistem Arsip Elektronik, WEB

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat mempengaruhi dunia kearsipan, yang mana kearsipan pada saat ini menggunakan E-Arsip. Electronic Archive merupakan sistem penyimpanan arsip yang digunakan dalam proses pembelajaran. E-Arsip mempermudah dalam pengelolaan arsip dokumen dan penemuan kembali dokumen sehingga mengurangi risiko kesalahan dalam pembelajaran. Riset berikut mempunyai tujuannya yakni guna (1) Menghasilkan Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web yang merupakan media belajar bagi materi kearsipan untuk peserta didik Kelas XII OTKP SMK Muhammadiyah 3 Singosari (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web dengan validasi oleh pakar materi serta pakar media (3) Mengetahui perbedaan keterampilan praktikum peserta didik diantara yang mempergunakan Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web dan peserta didik yang tidak mempergunakan Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web. Metode dari kegiatan meneliti berikut mempergunakan Research and Development melalui 9 langkah, yakni (1) Potensi serta Permasalahan, (2) Mengumpulkan Data, (3) Mendesain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk Kelompok Kecil,  (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Produk Kelompok Besar, (9) Produk Akhir. Sedangkan data hasil uji coba pemakaian dilaksanakan analisisnya mempergunakan pengujian Independent Sample t Test. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu menciptakan Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web dengan hasil penilaian validasi dari validator ahli materi sebesar 98,81 % dan validator ahli media sebesar 97,71%. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil atas pengujian Independent Sample t Test yang menandakan ada perbedaan yang bersignifikan diantara rerata tingkat keterampilan praktikum peserta didik di kelas kontrol serta kelas eksperimennya. Rerata tingkat keterampilan praktikum kelas eksperimen sebesar 87, sementara rerata tingkat keterampilan praktikum kelas kontrolnya sebesar 74.

References

Hakim, H. A. B. (2015). OMEKA: Aplikasi Pengelola Arsip Digital Dalam Berbagai Format. 23–35.

Khotijah, S. (2013). Meningkatkan Keterampilan Dan Hasil Belajar Dengan Model Explicit.

Kuswantoro, A. (2015). Model Elektronik Arsip ( E Arsip ) Pembelajaran di SMK Jurusan Administrasi Perkantoran. September, 1–10.

Latif, F., & Pratama, aditya wirangga. (2015). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Elektronik (E-Arsip) Berbasis Microsoft Acces Pada PT. HI-TEST. Jurnal Akuntansi,Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 21–31. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAEMB/article/download/180/168

Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795

Lina, T. N., Rumetna, M. S., Rupilele, F. G. J., Palisoa, A. N. S., & Sirajjudin, M. Z. (2020). Sistem Informasi E-Arsip Berbasis Web (Studi Kasus: PT Haleyora Powerindo Cabang Sorong). Jurnal Jendela Ilmu, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.34124/ji.v1i1.48

Nasution, A. K. P. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Internet. 23–35. https://doi.org/10.31219/osf.io/zr2ka

Purba, E. E., Martono, D., & Sukma, H. (2018). Elektronik Arsip (E-Arsip) Dokumen Berbasis Website Pada Kantor Cabang Utama PT Angkasa Pura II. ICIT Journal, 4(2), 202–213. https://doi.org/10.33050/icit.v4i2.95

Putra, B. C., Juliasari, N., Subandi, & Anubhakti, D. (2018). Analysis and sesign E-arsip based on Kano and object oriented. Proceedings of ICAITI 2018 - 1st International Conference on Applied Information Technology and Innovation: Toward A New Paradigm for the Design of Assistive Technology in Smart Home Care, 7–11. https://doi.org/10.1109/ICAITI.2018.8686739

Rahmawati, R., Haryani, S., & Kasmui. (2014). Penerapan Praktikum Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1390–1397.

Rijal, A. S., & Jaya, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. 6(1), 54–67. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Saeroji, A. (2014). Inovasi Media Pembelajaran Kearsipan Elektronik arsip (E-Arsip) Berbasis Microsoft Office Access. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI DINAMIKA PENDIDIKAN, 9(2), 177–185. https://doi.org/10.15294/dp.v9i2.4893

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wirawan, A. W., Indrawati, C. D. S., & Rahmanto, A. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Kearsipan Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Februari, 7(2017), 78–86. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv

Yanto, A. B. U. (2015). Sistem Informasi Arsip Elektronik Berbasis Web Pada Kantor Memo Randum Cabang Jember. Artikel Jurnal Tugas Akhir, 1–13.
Published
2022-09-20
Abstract viewed = 213 times
PDF downloaded = 131 times