Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol Video Scribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Development of Sparkol Video Scribe Assisted Learning Media to Improve Student Learning Outcomes

  • Yanti Yanti Universitas Negeri Malang
  • Imam Bukhori Universitas Negeri Malang
Keywords: Penelitian Pengembangan, Sparkol Videoscribe, Hasil belajar

Abstract

Riset ini mengaplikasikan model R&D dari Borg dan Gall, untuk menguji validitas dan menghasilkan produk Sparkol Video Scribe.  Tahapan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti, yaitu potensi dan permasalahan, pengumpulan data, pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba produk, revisi produk, dan produk masal. Produk yang dihasilkan berupa pengembangan media Sparkol Video Scribe untuk mengoptimalkan hasil belajar. Instrumen pengumpulan data adalah angket pakar media, pakar materi, dan angket uji coba kelompok kecil. Hasil pretest rata-rata 60,58, posttest rata-rata 83,27. Hasil uji validasi pakar media diperoleh skor 96%, pakar materi 94%, dan uji coba kelompok kecil skor 92%. Disimpulkan siswa yang memanfaatkan Sparkol Video Scribe terbukti memiliki hasil belajar lebih baik dan meningkat dibanding siswa yang tidak memanfaatkan Sparkol Video Scribe. Media pembelajaran berbasis digital dipandang sebagai alternatif untuk mentransfer konten pendidikan yang sangat membantu mengoptimalkan hasil belajar siswa.

References

Ariyati, Y., & Nadiar, F. (2021). Sparkol Videoscribe sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan Jembatan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(1), 1–8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/37572

Aryuntini, N., Astuti, I., & Yuliana, Y. G. S. (2018). Development of Learning Media Based on VideoScribe to Improve Writing Skill for Descriptive Text of English Language Study. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 3(2), 187. https://doi.org/10.26737/jetl.v3i2.746

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665

Basri, S., & Khatimah, H. (2019). Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik KElas XI SMA Negeri 6 Jeneponto Abstract : Effectiveness of the Use of Sparkol Videoscribe Learning Media Ag. 2019, 2, 84–89. https://media.neliti.com/media/publications/339356-efektivitas-penggunaan-media-pembelajara-45f965ea.pdf

Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Rahmawati, E. Y. (2020). Improving Students’ Problem Solving Ability Through Learning Based Videoscribe. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(2), 61. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i2.1595

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan video pembelajaran matematika berbatuan aplikasi sparkoll videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/viewFile/705/560

Hudhana, W. D., & Sulaeman, A. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 43. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/6839

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/30484693/jiptiain--umarhadini-8584-5-baii-with-cover-page v2.pdf?Expires=1635143804&Signature=AGq~Xg3Egfy-IWXsZ4nXIBKo4sci1BTMow66q0KYXfJ1wJFZgR783pTxJVJz5lrEFXoVkMWDNuRCDecBVmXLjIxjm1YrshdhFk4FUDgHl7t5M22m1NzR~9eUgE

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media PEmbelajaran Sebagai Upaya PEningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://media.neliti.com/media/publications/333175-fungsi-dan-peran-media-pembelajaran-seba-567ef6c4.pdf

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Pranata, I. M. A., & Jayanta, I. N. L. (2021). Improving Students’ Comprehension about Energy Sources through Sparkol Videoscribe-Based Learning Media. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/35804

Prasetya, G. D., & Trisnawati, N. (2021). Analisis penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan kelas xi OTKP di smk negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9, 143–153. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9248

Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 303–309. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355

Rahmawati, F., Soegimin, & Kardi, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Videoscribe Pada Materi Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sman 1 Kedungwaru. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(2). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/516

Setiyowati, P., & Panggayuh, V. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan video scribe sparkol terhadap hasil belajar smk perwari tulungagung kelas X tahun ajaran 2017/2018. Joeict (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), 12–21. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/article/view/694

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar mengajar. In Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syamsul, N. A. (2019). Pengembangan Materi Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Media Aplikasi Sparkol Videoscribe. Universitas Negeri Makassar, 4. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=TuYHPZYAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=TuYHPZYAAAAJ:0izLItjtcgwC

Widiari, L. E. R., & Astawan, I. G. (2021). Ecosystem Learning with Sparkol Videoscribe-Based Learning Media. International Journal of Elementary Education, 5(2), 231. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34731

Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3261
Published
2023-03-28
Abstract viewed = 379 times
PDF downloaded = 280 times