Pengaruh Modal Terhadap Pendapatan Petani Padi di Dusun Kampung Baru Desa Magepanda

The Effect of Capital on the Income of Rice Farmers in Kampung Baru Hamlet, Magepanda Village

  • Widy Astria IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Nurdin H. Abd. Rahman S IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Muhamad Taufik Arifin IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: modal, pendapatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Modal Terhadap Pendapatan Petani Padi di Dusun Kampung Baru Desa Magepanda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif dengan populasi petani di Dusun Kampung Baru Desa Magepanda yang berjumlah 142 petani dengan sampel penelitian sebanyak 59 petani. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani padi di Dusun Kampung Baru Desa Magepanda.

References

Apriyanti, R, Suminah, and E. Widiyanti. (2018). Partisipasi Petani Anggota POKTAN dalam program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) di Desa Mancasan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharja. Jurnal Agric. Ext. 42(1): 62-76. doi:https://doi.org/10.20961/agritexts. V42il.43311.

Abubakar, Rafesh dan Khaidir Sobri. (2014). Usaha Tani Agribisnis. Palembang: UMP Fakultas Pertanian.

Aedy, Hasan. (2011). Teori dan Aplikasi Ekonomi Pembangunan Perspektif. Islam : Sebuah Studi Komparasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Daini, Ratna. (2020). Pengaruh Modal dan Luas Lahan Terhadap Pendapatan Petani Kopi Di Desa Lewa Jadi, Kewcamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah. Journal of Islamic Accounting Research 2 (2), 136-157.

Haryanto, Asep, and dkk. (2021). Pengaruh Modal, Luas Lahan, Dan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usahatani Padi (Oryza Sativa) Kultivar Mekongga (suatu Kasus di Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur. OrchidAgri 1(1), 1-10,2021.

Siahaan, R. F, and dkk. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Sayuran di Kecamatan Sungai Gelam Kabuypaten Muaro Jambi. Fakultas Pertanian Universitas Jambi Vol 18 No 2.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suratiyah, K. (2006). Ilmu Usaha Tani. Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.

Susiati, and dkk. (2013). Analisis faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha tani Jagung Manis Di Desa Sidera Kecamatan Sigi Kabupaten Sigi. Fakultas Pertanian Universitas Tadulako.

Teguh, Muhammad. (2010). Ekonomi Industri. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Widarjono.
Published
2022-09-20
Abstract viewed = 755 times
PDF downloaded = 529 times