Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa

The Effect of Teacher Competence and School Learning Facilities on Student Learning Outcomes

  • Risma Agustina Universitas Negeri Malang
  • Imam Bukhori Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Malang
Keywords: Hasil belajar, Fasilitas belajar, Kompetensi guru

Abstract

Abstrak

Pendidikan adalah upaya yang mendasar dalam pengembangan derajat manusia, dengan cara mendorong aktivitas belajar dengan berbagai sumber informasi dan memfasilitasi kegiatan belajar siswa agar mencapai tujuan secara maksimal. Didalam proses belajar mengajar tentu terjadi sebuah hubungan diantara tenaga pendidik dengan siswa. Bukan hanya kemampuan tenaga pendidik saja, suatu kemajuan dalam kegiatan belajar mengajar diduga disokong oleh sarana atau pendukung pembelajaran yang dilaksanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Populasi penelitian ialah siswa kelas X dan XII jurusan OTKP dan BDP di SMK Ardjuna 2 Malang. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, pengujian t dan pengujian F. Instrument pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner yang diberikan kepada responden untuk diisi. Hasil uji analisis data menyatakan bahwa kompetensi guru dan fasilitas belajar  berpengaruh positif dan signifikan dalam hasil belajar siswa.

References

Achmad Rifa’I dan Chatarina Tri Anni.2009, Psikologi pendidikan.Semarang Unnes Press.
Astriyani, A., Gimin, G., & Hendripides, H. (2016). Pengaruh kompetensi mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 7 Bintan Desa Numbing Kecamatan Bintan Pesisir Kabupaten Bintan. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(1), 1–13.
Daryanto, H.M. Administrasi pendidikan / H.M. Daryanto. Jakarta :: Rineka Cipta,, 2006
Dewi, A. E. R. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Fasilitas Belajar Terhadap Pembelajaran. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 194–205.
Elmunsyah, H., & Rizza, M. (2018). The Effect of Laboratory Facilities and Teacher Competence on Student Learning Outcomes in Vocational High School (VHS). Letters in Information Technology Education (LITE), 1(1), 18–21. https://doi.org/10.17977/um010v1i12018p018
Irwanto. (2002). Psikologi umum : buku panduan mahasiswa / Tim penyusun, Irwanto ... [et al.]. Jakarta :: Prehallindo,.
Madyo Ekosusilo. (1990). Dasar-dasar pendidikan / Madyo Ekosusilo ; kata pengantar, Soetinah Soewando. Semarang :: Effhan Publishing,.
Rondi, A. (2015). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MAN Tempel Sleman.
Sardiman, A. M. (2011). Pendidikan Karakter dan Peran Pemerintah. Yogyakarta. Makalah.
Yuniasih, I. (2010). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Fasilitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Program Keahlian Administrasi.
Published
2023-03-28
Abstract viewed = 525 times
PDF downloaded = 350 times