Pengaruh Pembelajaran dengan Model Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMPN 1

  • Fransiskus Heru IKIP Budi Utomo
  • Heru Sofian IKIP Budi Utomo
Keywords: Mind Mapping, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model mind mapping terhadap “prestasi” belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil penelitian ini, yaitu terdapat pengaruh pembelajaran dengan model mind mapping terhadap “prestasi” belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII SMPN 1 SOMPAK, Kecamatan Sompak, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat pada Tahun Ajaran 2020/2021 karena berdasarkan pengukuran uji hipotesis menggunakan uji t dan hasil yang diperoleh kedua kelas diperoleh hasil: thitung= 3,73 sedangkan ttabel dengan df 60 pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,000. Atas dasar data tersebut dapat dikatakan bahwa thitung= 3,73 > ttabel= 2,000 yang berarti hipotesis awal (ada pengaruh pembelajaran dengan model mind mapping terhadap “prestasi” belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII SMPN 1 SOMPAK, Kecamatan Sompak, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat pada Tahun Ajaran 2020/2021) pada penelitian ini diterima.

References

Husaini, R. N. (2021). Manajemen Sumber Daya ManusiaDalam Instansi Pendidikan. Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21, 60.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Kependidikan, 8, 109-123.
KEMENDIKBUD RI [2020, November 25]. Pidato Mendikbud pada Hari Guru Nasional 2020[File Video]. Diperoleh dari https://youtu.be/Zj0OhHwi8x4, diakses 17 September 2021.
Lubis, L. H. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Selama Pandemi. Tarbiyah Bin Qalam Jurnal Pendidikan, Agama dan Sains, 5, 1.
Perthami, N. W. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Dengan Strategi Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Santiaji Pendidikan, 10, 98.
Seokonaryati, E. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Menyanyikan Puisi Yang Di Musikalisasi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Pro Guru , 2, 310.
Zakiah, F. K. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN GUGUS 01 Kecamatan Selaparang. PGMI, 11, 85-100.
Published
2023-02-21
Abstract viewed = 235 times
PDF downloaded = 176 times