Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Motivasi Belajar, dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru IPS terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPN 18 Kota Malang

The Influence of Intellectual Intelligence, Learning Motivation, and Student Perceptions of Social Science Teacher Competence on Learning Achievement of Class VII Students in Integrated Social Studies Subjects at SMPN 18 Malang City

  • Rosyida Rosyida SMP NEGERI 1 DOBO
Keywords: Intelektual, Motivasi, Kompetensi guru, Prestasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 18 kota malang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian berupa explanatory research. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII khusus-nya kelas A, B, dan C yang berjumlah 126 siswa. Untuk mengetahui total sampel penelitian ini menggunakan rumus solvin sehingga diketahui total sampelnya adalah 96 siswa dan untuk teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling. Sedangkan data penelitian dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa dokumentasi sekolah dan closed questioner yang menggunakan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Untuk mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan penelitian ini dilakukan analisis regresi dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, terdapat pengaruh yang signifikan antar kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 18 kota Malang. Hal ini terlihat dari semakin tinggi total skor dari tingkat kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS-nya, semakin baik atau tinggi pula prestasi belajarnya pada mata pelajaran IPS terpadu dan sebaliknya. Namun dari ketiga faktor tersebut, motivasi belajar siswa memiliki tingkat pengaruh yang paling tinggi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 18 kota Malang pada mata pelajaran IPS terpadu.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2006. Psikologi Intelligensi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chaplin, James. P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djaramah, Syaiful Bahri. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Echols, John. M. 2003. Kamus Inggris Indonesia.Jakarta: PT Gramedia.
Fahmi, Yunita Chafiyati. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar, IQ, dan EQ terhadap
Tingkat Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 3Pamekasan. UM:
Skripsi Tidak Diterbitkan.
Goleman, Daniel. 2003. Emotional Intelligence: Mengapa EQ Lebih Penting dari pada
IQ. Jakarta: Gramedia.
Gujarati, Damodar. 1995. Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.
Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Grasindo.
Lahlry, S. (1991). a Blueprint for Perception Training. Journal of Training and
Development, 45 (8): 21-25.
Makmun, Abin Syamsuddin. 2009. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan
Komprehensif. Bandung: Rosdakarya.
Mujianto, Aditya Dewi. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru
terhadap Prestasi Belajar yang Dikontrol dengan Motivasi Belajar. UM: Skripsi
Tidak Diterbitkan.
Muslim, Maulana. 2009. Intelegensi Materi Kuliah. (Online).
(http://umtmaulana.Blogspot.Com/diakses pada 17 november 2011).
Purwanto, Ngalim. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
PT Rosdakarya.
Slameto. 2008. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:
CV. Alfabeta.
Sujianto, Agus Eko. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Cetakan I. Jakarta:
Prestasi Pustaka Publisher.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Pengembangan Alat Ukur Psikologi. Yogyakarta: Andi
Offset.
Suyadi, Imam. 2006. Pembelajaran Praktis Cara Meningkatkan Prestasi Belajar.
Sidoarjo: PD Nasional.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang Republik Indonesa Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Bandung: Citra Umbara.
Uno, Hamzah. B. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Analisis di Bidang
Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Uno, Hamzah. B. 2009. Profesi Pendidikan. Problem, Solusi, Reformasi Pendidikan di
Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah.B. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Umum Pembangunan. Jakarta:
Bumi Aksara.
Zulfa, Novisana Rahmawati. 2011. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru
Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN I
Tumpang Malang. UM: Skripsi Tidak Diterbitkan
Published
2023-03-28
Abstract viewed = 291 times
PDF downloaded = 196 times