Implementasi Pembelajaran Dengan Menggunakan Literasi Digital Sebagai Sarana Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Islam Klojen Lumajang

  • Gati Ayu Likasari STKIP PGRI Lumajang
  • Dina Kholidah STKIP PGRI Lumajang
Keywords: Implementasi Pembelajaran, Literasi Digital, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya tidak hanya sekedar menyampaikan pesan tetapi juga merupakan aktifitas profesional yang menuntut guru dapat menggunakan keterampilan dasar mengajar secara terpadu serta menciptakan situasi efisien. Pembelajaran literasi digital dengan memanfaatkan alat komunikasi yang diterapkan di SMP Islam Klojen Lumajang diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar  siswa. Prestasi belajar yang didapatkan oleh siswa menjadi hal yang perlu diperhatikan agar guru dapat melihat sejauh mana pemahaman siswa saat pembelajaran dengan menggunakan literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran literasi digital yang digunakan SMP Islam Klojen Lumajang dalam pembelajaran IPS, untuk mengetahui penerapan pembelajaran literasi digital dalam kaitannya dengan prestasi belajar siswa, untuk mengetahui strategi yang digunakan agar pembelajaran literasi digital dapat terus dilaksanakan dan berkembang dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif naratif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan teknik ketekunan di lapangan dan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini pengecekan, pengelompokan dan penarikan kesimpulan. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 10 orang.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pembelajaran literasi digital di SMP Islam Klojen Lumajang sudah berjalan dengan baik, dengan memanfaatkan alat komunikasi (handphone) sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Pembelajaran literasi digital efektif diterapkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan prestasi belajar yang didapatkan oleh siswa yang mengalami kenaikan dari batas nilai KKM. Siswa juga memiliki minat yang tinggi pada saat belajar dengan menggunakan  pembelajaran literasi digital membuat siswa lebih memahami materi IPS  yang di ajarkan.

References

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Akbar M Firman, Anggraeni Filia Dina (2017) Teknologi dalam Pendidikan:Literasi Digital Dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi
Ginanjar Asep, Noviani Achmad Putri, dkk (2019) Implementasi literasi digital dalam proses pembelajaran IPS di SMP Al-Azhar 29 Semarang. Universitas Negeri SemarangGunarso, Arif (2017). dalam Hamdani. Strategi Belajar Mengajar (hal 138) Bandung: CV Pustaka Setia
Istirani, dan Intan Pulungan.2017.Enslikopedia Pendidikan Jilid I. Medan: Media Persada
Sulianta, Feri (2020). Literasi Digital, Riset, Perkembangannya & Perspektif Social stude. Bandung: Andi Offset, hlm 6
Sudrajat Adi & Asmuni (2019) Peningkatan Iptek Dilihat dari Pendidikan Islam, hlm 61
Published
2023-05-17
Abstract viewed = 369 times
PDF downloaded = 244 times