Store Atmosphere, Word of Mouth Dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Sekopi Renon Denpasar

Store Atmosphere, Word of Mouth and Service Quality on Customer Loyalty in Sekopi Renon Denpasar

  • Ni Wayan Lasmi Manajemen, Universitas Pendidikan Nasional
  • I G.N. Oka Ariwangsa Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Wulandari Laksmi P Universitas Pendidikan Nasional
  • Putu Eka Rumadana Universitas Pendidikan Nasional
Keywords: Store atmosphere, WOM, Service quality, Loyalitas

Abstract

Tujuan penelitian ini agar melihat pengaruh store atmosphere, word of mouth, service quality  secara individual dan bersamaan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini mempunyai sampel sejumlah 100 orang. Teknik analisis datanya memakai Uji Reabilitas, Uji Validitas, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji Koefisien Deaterminasi, Uji t dan Uji F. Berdasar hasil penelitian didapatkan bahwa word of mouth memberi pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, terdapat pengaruh positif bermakna anatar store atmosphere dengan loyalitas pelanggan, secara positif bermakna service quality  mempengaruhi loyalitas pelanggan dan store atmosphere, word of mouth dan service quality  memberi pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pengaruh variabel bebas terhadap loyalitas pelanggan yakni senilai 57,2%.

References

Alfin, M.R. and Nurdin, S. (2017) ‘Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelangan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan’, Ecodemica, 1(2), pp. 252–261.

Gunawan, T., Fathorrahman and Handoko, Y. (2017) ‘Efek Mediasi Kepuasan Pelanggan atas Pengaruh Kualitas Produk dan Store Atmosphere terhadap Loyalitas Pelanggan’, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 7(2), pp. 189–204.

Hartono, R. (2018) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening di Toko Kalimas’, Agora, 6(2).

Jesslyn, B.N. and Loisa, R. (2019) ‘Pengaruh e-WOM di Instagram terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi Janji Jiwa’, Prologia, 3(2), pp. 440–447.

Kotler, P. (2012) Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua (1 ed). Yogyakarta: Andi.

Kotler, P. and Keller, K.L. (2015) Manajemen Pemasaran, Jilid 1 (13 ed). Jakarta: Erlangga.

Kurniati, D.P. (2013) ‘Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Obat Bebas di Apotek Kimia Farma Kota Jambi (Influence Of Store Atmosphere On Consumer Purchase Decision at Pharmacy Drugstore Kimia Farma Jambi)’, Jurnal Dinamika Manajemen, 1(4), pp. 283–295.

Maulana, F. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pusat Kebugaran D'Gym Apita Cirebon’, Indonesian Journal of Strategic Management, 2(2), pp. 1–10.

Oliviana, M., Mananeke, L. and Mintardjo, C. (2017) ‘Pengaruh Brand Image Dan WOM (Word Of Mouth) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada RM. Dahsyat Wanea’, Jurnal EMBA, 5(2), pp. 1081–1092.

Pongoh, M.E. (2013) ‘Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu AS Telkomsel di Kota Manado’, Jurnal EMBA, 1(4), pp. 86–94.

Rorimpandey, J.N., Sepang, J.L. and Arie, F.V. (2017) ‘Analisis Pengaruh Store Atmosphere dan Keanekaragaman Produk Terhadap Loyalitas Konsumen di Cafe Black Cup Coffe & Roastery’, Jurnal EMBA, 5(2), pp. 893–900.

Sagita, Ayu, M.B. and Oetomo, H.W. (2017) ‘Pengaruh Produk, Layanan, Lokasi, WOM Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Pada KFC’, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(7).

Published
2023-10-07
Abstract viewed = 300 times
PDF downloaded = 224 times