Transformasi Digital Dalam Pemulihan Perekonomian Pasca Covid 19

Digital Transformation in Post-Covid 19 Economic Recovery

  • Hurin Hurin Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Dilla Dilla Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
Keywords: Transformasi digital, Perekonomian pasca covid 19

Abstract

Pandemi Covid 19 yang terjadi di beberapa negara , termasuk di Indonesia menyebabkan kelumpuhan ekonomi di berbagai sektor, diantaranya pariwisata, transportasi, hotel, dll. Transformasi digital harus dijadikan upaya untuk meningkatkan perekonomian di era pandemi covid 19, karena gaya hidup masyarakat yang awalnya konvensional, sekarang beralih serba digital. Bukan tanpa alasan dengan adanya preferensi upaya untuk menjadikan UKM sebagai alat pertumbuhan ekonomi di era pandemi covid 19 dengan menggunakan ekonomi digital. Pelaku UKM yang menggunakan e-commerce sekitar 13,7 juta di Mei tahun 2021, atau 21% dari semua pelaku usaha, data ini diambil dari Indonesia E-commerce Association (IDEA). Penelitian  ini  adalah  kajian  pustaka dan hasil olah pikir peneliti. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan pendekatan kualitatif. Komunikasi adalah peran pendukung terpenting bagi orang-orang dalam kondisi ini. Bahkan, komunikasi yang dilakukan saat ini bisa dibilang lintas batas dan mampu menahan pandemi Covid-19 dari berbagai permasalahan global yang diciptakan oleh pandemi tersebut. Oleh karena itu, literasi digital, teknologi dan komunikasi harus diutamakan untuk dilaksanakan dengan baik dan bermanfaat. Oleh karena itu, pengembangan transformasi digital harus didukung oleh perilaku masyarakat, baik orang tua maupun generasi muda. Akselerasi transformasi digital diharapkan dapat mengoptimalkan peran kelas menengah sebagai pilar ekonomi di tengah pandemi Covid-19, sehingga semakin mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif untuk beradaptasi dengan transformasi digital.

References

Kaplan, Robert S., dan David P. Norton. 2004. Strategy Map : Converting Intangible Asset Into Tangible Asset. USA: Harvard Business School Press.

Coiro, J., Knobel, M., Lankshear, C., & Leu, D. J. (2008). Handbook of research on new literacies. New York/London: Routledge.

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. FokBis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol. 19 No. 1, 76-86.

Pratiwi, M. B., & Novianty, I. (2020) Strategi Bertahan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pendemi Covid-19 pada Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, Bandung, 26-27 Agustus 2020.

A Halim Iskandar. 2020. SDGs Desa Percepatan Pencapaian Tujuan Pembagunan Nasional Berkelanjutan. Jakarta :Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja
Mardatila, Ani. 2020. “E-Commerce adalah Pembelian dan Penjualan Secara Elektronik, Berikut Selengkapnya | merdeka.com.” 18 September 2020. https://www.merdeka.com/sumut/e-commerce-adalah-pembelian-dan-penjualan-secara elektronik-berikut-selengkapnya-kln.html.

Prayoga, Fadel. 2020. “Indonesia Jadi Target Pasar Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara: Okezone Economy.” 24 November 2020. https://economy.okezone.com/read/2020/11/24/320/2315269/indonesia-jadi-target-pasar-ekonomi-digital-terbesar-di-asia-tenggara

Wijaya, Fikri. 2021. “Transportasi Online sebagai Wujud Inovasi di Era Modern Halaman all -Kompasiana.com.” 18 April 2021. https://www.kompasiana.com/fikriiwijayaa/607b2e558ede4809ad01e223/transportasi online-sebagai-wujud-inovasi-di-era-modernisasi?page=all.
Published
2023-10-07
Abstract viewed = 581 times
PDF downloaded = 328 times