Pengaruh Sharia Marketing Mix, Celebrity Endorser dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian

The Influence of Sharia Marketing Mix, Celebrity Endorser and Consumer Trust on Purchasing Decisions

  • Saila Azizah Ekonomi Syariah, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Mashudi Mashudi Ekonomi Syariah, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Binti Nur Asiyah Ekonomi Syariah, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Celebity Endorser, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian, Sharia Marketing Mix

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Variabel independen terdiri dari Bauran Pemasaran Syariah (X1), Celebrity Endorser (X2) dan Kepercayaan Konsumen (X3). Variabel terikatnya adalah Keputusan Pembelian pada pengguna shopee. Sampel sebanyak 85 responden diambil dengan menggunakan teknik sampling insidental. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, diperoleh hasil Y = 6,708 + 0,308 X¬1 + 0,405 X2 + 0,207 X3. Berdasarkan uji f dan uji t diperoleh hasil bahwa variabel Bauran Pemasaran Syariah, Celebrity Endorser, dan Kepercayaan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Diperoleh pula koefisien determinasi (R2) sebesar 0,816 yang berarti koefisien model ini menunjukkan sebesar 81. 6% keputusan pembelian konsumen pengguna shopee dipengaruhi oleh tiga variabel independen yaitu Bauran Pemasaran Syariah, Celebity Endorser, dan Kepercayaan Konsumen. sedangkan sisanya 18,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

References

A. Shimp, T. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran. Erlangga.
Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran. Rajawali Press.
Huda, N., Hudori, K., Pahlevi, R., Badrussa'diyah, Mazaya, D., & Sugiarti, D. (2017). Pemasaran Syariah: Teori dan Aplikasi. Kencana.
Jasfar, F. (2009). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ghalia Indonesia.
Kotler, & Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Ningsih, T. S., & Putri, S. L. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Erigo Melalui Instagram. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 8(1).
Oentoro. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Laksbang Press.
Royan, M. F. (2004). Marketing Selebrities, Selebritis dalam Iklan dan Strategi Selebrities Memasarkan Diri Sendiri. PT Elex Media.
Soebandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan pembelian Secara Online. Winter Journal IMWI Student Research Journal, 1(1), 41-52.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Teras.
Wahyuni, G., & Wahyuni, S. (2022). Pengaruh Marketing Mix Syariah Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Piala Mas Samarinda. Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman, 1(1).
Published
2023-10-08
Abstract viewed = 237 times
PDF downloaded = 151 times